JPNN.com

Dua Pelaku Penyelundupan Bayi Singa, Leopard dan Kura-kura Ditangkap Polisi

Selasa, 31 Desember 2019 – 22:42 WIB
Dua Pelaku Penyelundupan Bayi Singa, Leopard dan Kura-kura Ditangkap Polisi - JPNN.com
Sejumlah bayi Singa Afrika (Panthera leo melanochaita) keluar dari kandang penitipan di Kebun Bintang Kasang Kulim, Riau, Senin (16/12/2019). Foto ilustrasi: ANTARA FOTO/FB Anggoro/aww.

jpnn.com, PEKANBARU - Polisi berhasil menangkap dua pelaku penyelundupan empat ekor bayi singa Afrika berikut seekor leopard, serta 58 kura-kura Indiana Star bernilai ratusan juta rupiah.

Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau AKBP Fibri Karpiananto kepada awak media di Pekanbaru, Selasa mengatakan dua tersangka terbaru itu ditangkap di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis. Dengan penangkapan itu, total Polda Riau telah menangkap empat tersangka sindikat perdagangan gelap bayi singa tersebut.

"Kedua tersangka ini merupakan pengembangan penyidikan terhadap penangkapan dua tersangka sebelumnya," kata Fibri.

Ia menjelaskan kedua tersangka terbaru yang dibekuk itu berinisial A alias L dan S alias I. A ditangkap di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau pada 25 Desember 2019 dinihari lalu. Selanjutnya selang beberapa jam kemudian kembali ditangkap S alias I.

Fibri menjelaskan kedua tersangka itu berkaitan erat dengan dua tersangka sebelumnya, Y dan IS. A, kata dia memiliki peran dan pengiriman hewan itu ke tersangka Y berdasarkan perintah seorang warga negara Malaysia yang kini masih dalam penyelidikan.

Sementara S berperan sebagai kurir satwa malang itu. Dia membawa satwa tersebut, yang lagi-lagi bermuara ke seorang nama J dari perairan Rupat menuju Kota Dumai. Dari tangan kedua tersangka, Polisi turut menyita satu unit boat atau kapal cepat yang diduga kuat untuk menyelundupkan satwa tersebut.

Kedua tersangka telah ditahan di tahanan Polda Riau. Hingga kini, Fibri mengatakan polisi masih terus melakukan penyelidikan terkait pengungkapan tersebut.

Polda Riau sebelumnya berhasil menggagalkan penyelundupan satwa dilindungi, Sabtu dinihari lalu (14/12). Dari pengungkapan itu, Polisi menyita empat ekor bayi singa Afrika, seekor bayi leopard, dan 58 ekor kura-kura Indiana Star.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
budi