Duarrr! Kapal Meledak, Pemilik Kapal dan Empat ABK Terbakar

Duarrr! Kapal Meledak, Pemilik Kapal dan Empat ABK Terbakar
Ilustrasi. Foto: Dok JPNN

jpnn.com - PELALAWAN - Kapal Motor Indra Jaya yang mengangkut empat ton solar meledak di Desa Kuala Panduk, Dusun 1 Kanal Tambusu, Kecamatan Teluk Meranti, Pelalawan, Riau, Rabu (23/3). Selain meludeskan kapal beserta isinya, api juga membakar lima orang yang berada di sana.

Korban yang menderita luka bakar di antaranya pemilik kapal Andi Jalam (34), nakhoda Acok alias Pak Kumis (42) dan tiga anak buah kapal Rahmat (40), Abu Kasim (40) dan Nuir (42). Alhasil, mereka pun harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Diketahui, kapal motor terbuat dari kayu. Saat itu membawa 20 drum plastik biru berisi solar. Minyak diambil dari Pekanbaru untuk disalurkan kepada masyarakat Penyalai, Kuala Kampar.

Kapal sempat berlabuh di Dusun I Kanal Tambusu. Ketika akan menghidupkan mesin untuk melanjutkan perjalanan, tiba-tiba muncul percikan. Seketika api menyambar bensin.

Secepatnya pemilik kapal beserta nakhoda dan ABK memadamkan api. Namun situasi sulit dikendalikan. Api cepat membesar. Bahkan tiba-tiba terjadi ledakan keras.

Naas, lima orang yang berusaha memadamkan kebakaran, malah dijilat api. Dengan tubuh penuh luka bakar, kelimanya berusaha menyelamatkan diri dengan melompat ke sungai. 

Awalnya para korban dibawa ke Puskesmas terdekat. Lantaran keterbatasan peralatan medis, mereka dirujuk ke rumah sakit di Pangkalan Kerinci. Sementara kapal, ludes beserta isi. Bahkan puing kapal tenggelam ke dasar sungai.

Paur Humas Polres Pelalawan Ipda M Sijabat SH, Kamis (24/3) membenarkan adanya kapal yang terbakar. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News