Dubes Xiao: Hubungan Indonesia-Tiongkok Sejalan dengan Kepentingan Rakyat

Dubes Xiao: Hubungan Indonesia-Tiongkok Sejalan dengan Kepentingan Rakyat
Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia, Xiao Qian, saat memberikan pernyataan pers terkait penyebaran virus corona. Foto: ANTARA/Aria Cindyara/am

jpnn.com, JAKARTA - Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Xiao Qian mengatakan, pemerintahnya ingin terus memperkuat kerja sama bilateral, terutama yang telah terjalin dalam menghadapi COVID-19.

Kerja sama tersebut yakni dalam bidang bantuan dan pengadaan peralatan medis, pertukaran pengalaman, diagnosis, perawatan, penelitian dan pengembangan vaksin serta obat-obatan, juga pemulihan pembangunan ekonomi.

“Dalam menghadapi normal baru ini, Tiongkok bersedia bersama-sama dengan pemerintah dan semua kalangan masyarakat Indonesia untuk memperkuat bantuan timbal balik dalam memerangi epidemi dan mempertahankan momentum positif perkembangan hubungan kedua negara,” kata Dubes Xiao, Rabu (24/6).

Pada kesempatan tersebut, dia menegaskan bahwa kedua negara merupakan bangsa besar dan entitas pasar berkembang. Indonesia dan Tiongkok memiliki tugas yang sama untuk mengalahkan epidemi, menstabilkan ekonomi dan menjamin kesejahteraan rakyat.

Dia mengatakan bahwa berbagai kalangan masyarakat tengah memperhatikan bagaimana Indonesia dan Tiongkok dapat mengoordinasikan upaya tersebut dengan kemajuan hubungan bilateral, khususnya kerja sama pragmatis kedua negara.

“Ini juga merupakan isu mendesak yang sedang dihadapi kedua negara. Perkembangan hubungan Tiongkok dan Indonesia sesuai dengan kepentingan mendasar kedua negara dan segenap rakyatnya, juga bermanfaat bagi perdamaian dan stabilitas regional dan internasional,” kata dia.

Oleh karena itu, selain mempertahankan momentum positif dalam hubungan bilateral, Tiongkok juga inigin memperdalam kerja sama pragmatis di berbagai bidang.

“Dan pada akhirnya mengalahkan pandemi COVID-19 dan mengatasi krisis,” ujar Dubes Xiao. (ant/dil/jpnn)

Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Xiao Qian mengatakan, pemerintahnya ingin terus memperkuat kerja sama bilateral di tengah pandemi COVID-19


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News