Dugaan Jual-Beli Organ Kian Menguat

Bola Mata Hilang, Diduga Korban Sindikat Donor Kornea

Dugaan Jual-Beli Organ Kian Menguat
Dugaan Jual-Beli Organ Kian Menguat
JAKARTA - Perlahan tapi pasti, otopsi ulang tiga jasad TKI di Malaysia yang diduga menjadi korban jual-beli organ tubuh ilegal rampung. Dari perkembangan ini, tabir dugaan perdagangaan organ tubuh sedikit terkuak. Keluarga dari salah satu TKI yang mengikuti proses otopsi ulang menemukan kedua bola mata telah hilang.

Kabar perkembangan ini disampaikan oleh analis kebijakan Migrant Care Wahyu Susilo. "Saya sekarang dalam perjalanan menuju Lombok," kata dia kemarin (26/4). Wahyu membenarkan jika proses otopsi satu jenazah sudah rampung. Dia menuturkan,  otopsi yang sudah selesai itu untuk jenazah atas nama Herman, 34.

Wahyu menuturkan, Maksum, ayah dari Herman ikut dalam proses otopsi ulang jenazah putranya. Dari hasil pengamatan langsung, Maksum mengatakan jika bola mata Herman hilang.

Pihak keluarga menduga, pengambilan mata ini dilakukan sebelum jenazah dikafani dan dipulangkan ke Indonesia. Jika memang benar bola mata Herman ini hilang, dugaan kuat dimanfaatkan oleh sindikat donor kornea mata untuk mengatasi kebutaan.

JAKARTA - Perlahan tapi pasti, otopsi ulang tiga jasad TKI di Malaysia yang diduga menjadi korban jual-beli organ tubuh ilegal rampung. Dari perkembangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News