Dukung Pengusaha Lokal di Jatim Tembus Pasar Global, Ini yang Dilakukan Bea Cukai

Dukung Pengusaha Lokal di Jatim Tembus Pasar Global, Ini yang Dilakukan Bea Cukai
Bea Cukai bersama DKPP Kota Kediri menggelar sosialisasi khusus bagi pelaku usaha ikan hias yang berada di wilayah tersebut. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, SURABAYA - Bea Cukai di wilayah Jawa Timur (Jatim) telah melaksanakan berbagai kegiatan untuk mendukung UMKM dan pelaku usaha lokal lainnya untuk dapat mengekspor produknya ke luar negeri.

Bea Cukai Wilayah Jawa Timur I ikut berpartisipasi dalam kegiatan East Java International Trade Festival 2023 yang diselenggarakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jatim.

Sebanyak enam perusahaan juga mengekspor produknya dalam kesempatan acara tersebut dengan komoditi hasil laut, olahan makanan, tekstil, sepatu, dan e-cigarette.

Dalam acara tersebut juga diresmikan tiga Desa Pendulum Devisa Binaan Bank Jatim.

Desa Devisa dengan tujuan ekspor merupakan bentuk dukungan dan sinergi antara Bea Cukai, LPEI, pemerintah daerah serta perbankan.

Kepala Kanwil Bea Cukai Jawa Timur I Untung Basuki menyampaikan ekonomi Jatim menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi nasional, sedangkan UMKM merupakan salah satu roda penggerak ekonomi di daerah tersebut.

"Karena itu dibutuhkan dukungan seluruh pihak baik pemerintah daerah, kementerian, dan masyarakat, untuk dapat meningkatkan daya saing dan kapasitas UMKM kita hingga dapat mendunia," tegas Untung Basuki,.

Masih di wilayah Jatim, dukungan terhadap UMKM juga dilakukan oleh Bea Cukai Maudra lewat program Klinik Ekspor.

Ini yang dilakukan Bea Cukai mendukung pengusaha lokal di Jatim menembus pasar global

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News