Dukung Peraih Beasiswa Menetap di Luar Negeri, Anies: Mereka Bisa Jadi Duta Indonesia

Dukung Peraih Beasiswa Menetap di Luar Negeri, Anies: Mereka Bisa Jadi Duta Indonesia
Capres Anies Baswedan dalam acara Resolusi Indonesia di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (5/1/2024). Foto: Timnas AMIN

jpnn.com, JAKARTA - Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan berpandangan mahasiswa yang berkuliah di luar negeri tidak perlu terburu-buru kembali pulang ke Indonesia.

Menurutnya, mahasiswa yang telah lulus kuliah bisa berkontribusi untuk Indonesia dengan menjadi duta di kancah internasional.

Hal itu disampaikan Anies Baswedan saat menjawab pertanyaan kenapa menormalisasi mahasiswa yang mendapat kuliah untuk tidak terburu-buru balik ke Indonesia dalam acara Resolusi Indonesia di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (5/1).

"Kita bisa sekali mengandalkan orang-orang Indonesia yang setelah selesai kuliah mereka bekerja dulu di sana dan kami di Indonesia memanfaatkan mereka sebagai duta Indonesia yang ada diberbagai tempat yang mendorong untuk kemajuan kita," ujar Anies.

Dia meminta mahasiswa tidak terburu-buru, sehingga ketika pulang ke Indonesia bukan hanya membawa ijazah, tetapi juga jaringan dan pengetahuan yang nantinya bisa memajukan Indonesia lebih cepat lagi di masa yang akan datang.

Anies mengingatkan agar tidak memberi cap kepada mahasiswa yang tidak pulang sebagai orang tidak nasionalis atau tidak ikut berkontribusi untuk Indonesia.

Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu menilai, mereka yang telah menyelesaikan studi dan memutuskan melanjutkan bekerja di luar negeri tetap dapat berkontribusi bagi Indonesia.

"Jangan sampai gini kalau enggak pulang berarti tidak kontribusi, bukan juga, bila berada di sana bisa kontribusi. Bayangkan bila mereka bekerja di badan-badan internasional lalu mereka memutuskan mau investasi ke mana, mau bikin program ke mana maka bisa bawa Indonesia ke situ," jelasnya.

Anies Baswedan meminta mahasiswa tidak terburu-buru, sehingga ketika pulang ke Indonesia bukan hanya membawa ijazah,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News