Dukung Pertumbuhan Ekonomi dan Sosial, Dua Pemuda Ini Gagas Youth Catalyst Foundation

Dukung Pertumbuhan Ekonomi dan Sosial, Dua Pemuda Ini Gagas Youth Catalyst Foundation
Dua pemuda, Reza Darmawan dan Bryan Aptana Widjaja menyadari bahwa Indonesia adalah negara yang sedang mengalami bonus demografi. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Dua pemuda, Reza Darmawan dan Bryan Aptana Widjaja menyadari bahwa Indonesia adalah negara yang sedang mengalami bonus demografi.

Namun, masih menghadapi tantangan serius dalam memanfaatkan potensi pemuda untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan kemajuan sosial.

Menyadari masalah ini, Reza Darmawan dan Bryan Aptana Widjaja membentuk Youth Catalyst Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda Indonesia menghadapi tantangan dunia kerja.

Reza Darmawan merupakan salah satu pendiri StudentsCatalyst, program inkubasi mahasiswa selama enam bulan yang memberikan wawasan tentang dunia pasca-kuliah, membangun jaringan profesional, dan kolaborasi proyek.

“Yang menjadi tujuan kami adalah, ingin menciptakan organisasi pendidikan dengan dampak nasional, membantu mahasiswa dalam pengembangan diri, dan memberikan akses inspirasi dari tokoh luar kampus. StudentsCatalyst fokus mempersiapkan mahasiswa menjadi pengusaha, profesional muda, dan pendiri organisasi non-profit sejak masa kuliah, memberikan dampak kepada ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia,” kata Reza Darmawan, Rabu (22/5).

Salah satu mahasiswa tersebut adalah Bryan Aptana Widjaja, yang kemudian menjabat sebagai presiden StudentsCatalyst Bandung pada 2020.

Bryan mengambil inisiatif lebih lanjut dengan mendirikan Internnet, program mentorship karir yang mempertemukan mahasiswa dengan para profesional dari berbagai bidang.

Inisiasi Internnet dilakukan karena kesadaran Bryan atas kurangnya pengetahuan mahasiswa Indonesia mengenai berbagai pilihan karir yang tersedia serta pengetahuan mengenai cara melewati proses seleksi magang, seperti membuat resume atau melalui proses wawancara.

Dua pemuda, Reza Darmawan dan Bryan Aptana Widjaja menyadari bahwa Indonesia adalah negara yang sedang mengalami bonus demografi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News