Dukung WSBK Mandalika, Bea Cukai Tanjung Perak Berikan Fasilitas ATA Carnet

Dukung WSBK Mandalika, Bea Cukai Tanjung Perak Berikan Fasilitas ATA Carnet
Petugas Bea Cukai Tanjung Perak melakukan pengecekan barang-barang keperluan pada ajang balap World Superbike (WSBK) 2021. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, SURABAYA - Bea Cukai berkomitmen memberikan pelayanan optimal dan memfasilitasi importasi barang-barang keperluan pada ajang balap World Superbike (WSBK) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat, yang akan digelar pada 19-21 November nanti.

Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Perak Sodikin mengatakan barang-barang yang akan digunakan dalam WSBK 2021 diimpor melalui Pelabuhan Tanjung Perak.

"Sebagai bentuk dukungan terhadap kelancaran pelaksanaan kompetisi internasional tersebut, Bea Cukai Tanjung Perak berupaya memberikan pelayanan prima dalam proses kepabeanan yang berlangsung," ujar Sodikin.

Bea Cukai Tanjung Perak memfasilitasi pemasukan barang impor untuk acara WSBK 2021 dengan menggunakan fasilitas ATA carnet.

"Admission Temporaire atau Temporary Admission (ATA) Carnet adalah dokumen untuk kegiatan pemasukan (impor) barang sementara dan pengeluaran (ekspor) barang sementara," jelasnya.

Syarat penggunaan ATA Carnet, seperti barang tidak akan habis pakai, barang mudah diidentifikasi, dan tidak mengalami perubahan bentuk secara hakiki kecuali berubah sebagai akibat penyusutan yang wajar karena penggunaannya.

Fasilitas ATA carnet sering digunakan untuk memfasilitasi kegiatan pameran dan olah raga internasional yang diterima oleh 78 negara.

Manfaat lain fasilitas tersebut menghapuskan pembayaran bea masuk dan pajak, menghindari keharusan menyerahkan jaminan kepada bea dan cukai di pelabuhan pemasukan, tidak perlu lagi dibuat deklarasi pabean karena ATA Carnet sudah dianggap sebagai dokumen pabean sehingga memungkinkan menjadi dokumen tunggal untuk impor dan ekspor, dan dapat digunakan untuk transit pabean.

Bea Cukai Tanjung Perak memberikan fasilitas ATA Carnet untuk mendukung kelancaran pelaksanaan WSBK Mandalika,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News