Dunia Hari Ini: Menlu Australia Bertemu Menlu Palestina Serukan Gencatan Senjata

Dunia Hari Ini: Menlu Australia Bertemu Menlu Palestina Serukan Gencatan Senjata
Menlu Australia Penny Wong saat bertemu Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh. (ABC News: Haidarr Jones)

Untuk memudahkan Anda mengikuti perkembangan dunia, kami sudah merangkum laporan utama dari sejumlah negara.

Dunia Hari Ini, edisi Kamis, 18 Januari 2024, diawali dengan laporan dari kunjungan Menlu Australia ke kawasan timur tengah.

Australia dukung solusi dua negara

Menteri Luar Negeri Penny Wong melakukan kunjungan pertamanya ke Tepi Barat, Palestina, untuk mendesak perdamaian antara Israel dan Palestina.

Kepada Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh, Menlu Penny mengatakan Australia memberikan dukungannya untuk seruan gencatan senjata di Gaza, serta solusi dua negara.

Tapi ia membantah kalau seruan gencatan senjata itu tidak sejalan dengan "hak Israel untuk memerangi Hamas."

“Kami konsisten bahwa Israel mempunyai hak untuk membela diri. Apa yang juga kami sampaikan adalah bagaimana mereka bertindak dalam mengatasi hal... yang penting ini."

Selama di timur tengah, ia mengunjungi Yordania, Israel, Tepi Barat, dan Uni Emirat Arab, saat ada kekhawatiran perang di Gaza akan meluas.

Jepang berencana mendarat di bulan

Pesawat ruang angkasa yang dibangun Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA), sudah mengelilingi bulan sejak Natal lalu dan bersiap untuk mendarat Sabtu, 20 Januari mendatang.

Kepada Menlu Palestina, Menlu Australia menyampaikan dukungannya untuk seruan gencatan senjata di Gaza, serta solusi dua negara antara Palestina dan Israel

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News