Dunia Hari Ini: Paus Fransiskus Setujui Pemberkatan Pasangan Sesama Jenis Kelamin

Dunia Hari Ini: Paus Fransiskus Setujui Pemberkatan Pasangan Sesama Jenis Kelamin
Paus Fransiskus memimpin doa Angelus dari jendelanya, di Vatikan, 17 Desember 2023. (Reuters: Guglielmo Mangiapane)

Enggak sempat mengikuti perkembangan berita hari ini?

Kami sudah merangkum sejumlah laporan yang terjadi dalam 24 jam terakhir dalam Dunia Hari Ini, edisi Selasa, 19 Desember 2023.

Berita utama kita awali dari Vatikan.

Imam Katolik Roma bisa berkati pasangan sesama jenis kelamin

Paus Fransiskus menyetujui bahwa para imam Katolik Roma dapat memberkati pasangan sesama jenis kelamin, selama mereka tidak menjadi bagian dari ritual atau liturgi reguler Gereja.

Dokumen dari kantor doktrin Vatikan, yang secara efektif membatalkan deklarasi tahun 2021, mengatakan keputusan ini tidak akan melegitimasi situasi yang tidak biasa, tapi menjadi tanda jika Tuhan menyambut baik semua orang.

Ia menambahkan pemberkatan pernikahan sesama jenis ini tidak boleh disamakan dengan sakramen pernikahan heteroseksual.

Para imam diminta untuk mengambil keputusan kasus per kasus dan "tidak boleh mencegah atau melarang kedekatan Gereja dengan umat saat mereka sedang mencari pertolongan Tuhan melalui berkat sederhana".

Kondisi sandera lansia Hamas

Hamas merilis sebuah video pendek tiga sandera warga Israel yang sudah lanjut usia, namun Israel menyebutnya sebagai "video kriminal dan teroris."

Paus Fransiskus memberikan persetujuan kepada para para imam Katolik Roma untuk bisa memberkati pasangan sesama jenis, selama mereka tidak menjadi bagian dari ritual atau liturgi reguler Gereja

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News