Dunia Hari Ini: Presiden Vietnam Mengundurkan Diri Karena Dugaan Kasus Korupsi

Dunia Hari Ini: Presiden Vietnam Mengundurkan Diri Karena Dugaan Kasus Korupsi
Belum jelas siapa yang akan menggantikan Nguyen Xuan Phuc sebagai presiden. (AP: Jack Taylor, file)

Rasa terkejut hingga duka menjadi tema dalam beberapa topik berita yang kami sajikan hari ini.

Dalam Dunia Hari Ini edisi Rabu, 18 Januari 2023, kami merangkum kejadian di beberapa wilayah dunia selama 24 jam terakhir.

Mari memulainya dari Vietnam.

Presiden Vietnam pamit

Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc telah mengundurkan diri setelah rumor tentang bagaimana ia akan dipecat karena terlibat korupsi tersebar.

Keputusan tiba-tiba ini dianggap sangat tidak biasa di negara komunis seperti Vietnam, di mana perubahan dalam bidang politik umumnya diatur dengan sangat hati-hati.

Selama ini hanya ada satu presiden Partai Komunis yang pernah mengundurkan diri dan itu dilakukannya karena alasan kesehatan.

"Pengunduran diri Presiden Nguyen Xuan Phuc adalah sesuatu yang tidak pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah partai," ujar Nguyen Khac Giang, peneliti Pusat Studi Ekonomi dan Strategi Vietnam.

Media lokal melaporkan Partai Komunis telah menyatakan bahwa Phuc bertanggung jawab atas pelanggaran menteri di bawah pimpinannya ketika menjadi perdana menteri pada tahun 2016 hingga 2021.

Simak rangkuman tentang pengunduran diri tiba-tiba Presiden Vietnam dinilai mengejutkan, mengapa aktivis Greta Thunberg dibawa paksa oleh polisi, dan berita duka dari manusia tertua di dunia

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News