Dunia Hari Ini: Tiongkok Uji Coba Kereta Cepat Terbaru, Incar Kecepatan 4.000km per jam

Dunia Hari Ini: Tiongkok Uji Coba Kereta Cepat Terbaru, Incar Kecepatan 4.000km per jam
Kereta maglev berkecepatan tinggi buatan China akan melaju lebih cepat dibandingkan pesawat penumpang komersial, namun mereka harus melakukan perjalanan dalam tabung vakum. (Supplied:Via Reuters)

Selamat hari Jumat! Semoga kita semua sehat di akhir pekan dalam minggu libur lebaran ini. 

Berikut sejumlah informasi pilihan dari berbagai negara yang terjadi selama 24 jam terakhir yang kami rangkumkan untuk Anda.

Dunia Hari Ini edisi Jumat, 12 April 2024 akan kami mulai dari negeri tirai bambu.

Tiongkok uji keretanya incar kecepatan 4.000 kilometer per jam

Kereta berkecepatan tinggi baru Tiongkok tidak meluncur di sepanjang jalur kereta api, namun melalui tabung.

Ada harapan bahwa suatu hari nanti jalur ini akan menghubungkan kota-kota dan desa-desa di seluruh negeri, dengan kecepatan hingga 4.000 kilometer per jam.

Kereta levitasi magnetik (atau maglev) dapat mencapai kecepatan 623 kilometer per jam dalam pengujian — hampir 200 kilometer per jam lebih cepat daripada kereta tercepat yang pernah beroperasi.

Baca Juga:

Kereta ini belum diluncurkan, namun pada bulan Februari kereta ini melaju lebih cepat lagi, selama uji coba teknologi yang penting untuk kecepatan tinggi kereta tersebut.

Untuk pertama kalinya, kereta tersebut melakukan perjalanan secara stabil melalui tabung vakum rendah sepanjang 2 kilometer, menurut Aerospace Science and Industry Corporation (CASIC) yang dikelola pemerintah Tiongkok.

Kalau kamu pikir 'whoosh' sudah cukup cepat, silakan pikir-pikir lagi karena Tiongkok tengah mengembangkan kereta dengan kecepatan 4

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News