Dwikorita Karnawati: Informasi BMKG Bakal Ramah Disabilitas

Dwikorita Karnawati: Informasi BMKG Bakal Ramah Disabilitas
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengakui bahwa belum ada informasi ramah disabilitas terkait cuaca, iklim, gempa bumi, dan tsunami.

Namun, dia telah meminta pihak terkait agar informasi tersebut juga dalam disampaikan kepada kelompok difabel ke depannya.

Dia menyampaikan hal tersebut dalam seminar bertajuk 'Informasi Cuaca, Iklim, Gempa Bumi, Tsunami Ramah Disabilitas' di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Ciputat, Kamis (20/7).

Seminar tersebut diselenggarakan dalam peringatan Hari Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ke-76.

"Informasi tersebut diberikan dalam melindungi segenap dan tumpah darah Indonesia, serta untuk memajukan kesejahteraan umum," kata Dwikorita dalam sambutannya.

Dia pun berharap agar setelah seminar ada tindak lanjut nyata terkait informasi dari BMKG yang ramah disabilitas tersebut. Terlebih, informasi itu sangat dibutuhkan.

"Karena saudara-saudara kita ini juga kelompok rentan. Mereka kalau diberikan informasi yang benar-benar bisa dipahami, beliau-beliau juga bisa menolong mereka sendiri, bahkan juga membantu untuk menolong yang lain," ungkap Dwikorita.

Kepala Balai Besar MKG Wilayah II, Hartanto menambahkan bahwa kelompok difabel juga mempunyai hak yang sama dalam menerima informasi terkait mitigasi bencana.

Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa ke depannya, informasi BMKG bakal ramah disabilitas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News