Edan, Orang Tajir Tiongkok Beli Merpati Balap Seharga Rp 26,7 Miliar

Edan, Orang Tajir Tiongkok Beli Merpati Balap Seharga Rp 26,7 Miliar
For avid pigeon racers, the Melbourne Cup can't compare. (ABC News: Bridget Judd)

Harga Burung merpati balap bernama New Kim nilainya sama dengan berat tubuhnya jika dihitung dengan harga emas, bahkan jauh lebih mahal lagi.

  • Seorang penggemar balap merpati membayar $2,6 juta untuk burung dari Belgia, sekaligus memecahkan rekor burung termahal
  • Dua penawar dari Tiongkok, dengan nama samaran 'Super Duper' dan 'Hitman', menaikkan harga
  • Hadiah dari arena pacuan merpati di Tiongkok bisa mencapai puluhan juta dolar

 

Seorang jutawan penggemar merpati balap asal Tiongkok memecahkan rekor setelah membayar harga AUD 2,6 juta untuk burung yang dibesarkan di Belgia, sekaligus membuktikan bahwa olahraga yang dulu dianggap kuno telah berharga lebih dari sekadar uang sejak beberapa tahun yang lalu.

Dalam setengah jam terakhir yang hiruk-pikuk di akhir lelang yang berlangsung selama dua minggu di pusat merpati Pipa, dekat kota Bruges, dua penawar asal Tiongkok dengan nama samaran 'Super Duper' dan 'Hitman' menaikkan harga sebesar 280.000 euro (AUD 455.000), mengalahkan rekor merpati Belgia sebelumnya, Armando, yang dihargai 350.000 euro (AUD 569.000) tahun lalu.

Edan, Orang Tajir Tiongkok Beli Merpati Balap Seharga Rp 26,7 Miliar Photo: Burung ini sekilas terlihat seperti burung merpati lainnya, tapi New Kim adalah merpati yang luar biasa. (AP: Francisco Seco)

 

'Super Duper' yang mendapatkan induk burung, disebut-sebut sebagai pengusaha kaya Tiongkok yang sama yang memiliki Armando, sehingga memungkinkannya untuk mengembangbiakkan dua burung mahal tersebut.

Sekali lagi, ini adalah bukti bahwa hobi kuno di Eropa Barat yang identik dengan laki-laki kelas pekerja kini memiliki kehidupan baru yang elitis di luar negeri.

Peternak papan atas yang mengandalkan pengalaman keluarga selama beberapa generasi sekarang dapat menjual burung mereka dengan harga yang belum pernah terdengar hanya satu dekade yang lalu, dan seringkali Tiongkok adalah tujuan mereka.

Harga Burung merpati balap bernama New Kim nilainya sama dengan berat tubuhnya jika dihitung dengan harga emas, bahkan jauh lebih mahal lagi

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News