Edison Poltak Siahaan, Ketua Perhimpunan Wicara Esofagus yang Getol Kampanyekan Bahaya Merokok

Stres Kehilangan Pita Suara, Kini Jadi Motivator Ulung bagi Penderita Kanker Laring

Edison Poltak Siahaan, Ketua Perhimpunan Wicara Esofagus yang Getol Kampanyekan Bahaya Merokok
Ketua Perhimpunan Wicara Esofagus Indonesia Edison P Siahaan ketika ditemui di Kalibata Mall, Kamis lalu (15/11). Foto: Sekaring Ratri/Jawa Pos
Akibat merokok, Edison Poltak Siahaan harus merelakan pita suaranya diangkat. Dia tidak bisa berbicara lagi layaknya orang-orang normal. Tak ingin orang lain bernasib seperti dirinya, Edison kini gencar mengampanyekan gerakan berhenti merokok lewat Perhimpunan Wicara Esofagus.

 SEKARING RATRI ADANINGGAR, Jakarta

USIANYA sudah memasuki senja. Tahun ini Edison Poltak Siahaan genap 74 tahun. Namun, di usia setua itu, dia tergolong lansia yang sehat. Kondisi tubuhnya tampak selalu fit. Posturnya tegak, tidak bungkuk dan ringkih. Dia juga masih sering naik angkutan umum daripada mengendarai mobil pribadi.

 

Sekilas, memang tidak ada yang salah dengan fisik Edison. Hanya, bagian lehernya selalu ditutupi kain putih. Ketika dia bicara, suara yang keluar juga tidak seperti suara orang-orang normal lain. Suaranya lirih, parau, dan cenderung mirip bunyi robot.

Akibat merokok, Edison Poltak Siahaan harus merelakan pita suaranya diangkat. Dia tidak bisa berbicara lagi layaknya orang-orang normal. Tak ingin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News