Efek Negatif Mengejutkan dari Mengonsumsi Kopi

Efek Negatif Mengejutkan dari Mengonsumsi Kopi
ILUSTRASI: FOTO: Yahoo

jpnn.com - Minum kopi sekarang ini bukan lagi menjadi kebutuhan, tapi gengsi dan memenuhi gaya hidup. Banyak kafe baru yang bermunculan dan hampir semua berlomba menyajikan kopi sebagai menu andalannya.

Beberapa dari Anda pun tidak bisa melewatkan hari tanpa mengonsumsi kopi. Ada yang merasa kurang konsentrasi, merasa lemas dan mengantuk jika tak minum segelas pun kopi.

Tapi tahukah Anda bahwa mengonsumsi kopi berlebih tidak baik untuk kesehatan Anda.

Ya, sebuah penelitian kecil menunjukkan bahwa kafein bila dikonsumsi beberapa jam sebelum tidur bisa mengganggu jam internal tubuh, yang bisa menyebabkan kelesuan pada siang hari.

Penelitian ini tidak mengatakan apa-apa tentang bagaimana konsumsi kopi di pagi hari atau sepanjang hari bisa memengaruhi jam internal tubuh. Dan, temuan ini perlu dikonfirmasi.

“Mengonsumsi kopi tidak hanya membuat Anda terjaga namun juga merusak jam internal tubuh Anda,” kata peneliti Kenneth Wright Jr, seperti dilansir laman Health, Minggu (27/9).

Studi baru ini bertujuan untuk memahami bagaimana kafein bisa memengaruhi jam tubuh.

Penelitian lain telah menunjukkan bahwa kafein mengganggu jam tubuh pada organisme lain dan spesies seperti ganggang, lalat buah dan mungkin tikus.

Minum kopi sekarang ini bukan lagi menjadi kebutuhan, tapi gengsi dan memenuhi gaya hidup. Banyak kafe baru yang bermunculan dan hampir semua berlomba

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News