Efek Rumah Kaca Edarkan CD Album Rimpang

Efek Rumah Kaca Edarkan CD Album Rimpang
Efek Rumah Kaca. Foto: Dok. Demajors

jpnn.com, JAKARTA - Grup musik Efek Rumah Kaca akhirnya mengedarkan CD dari album terbaru berjudul Rimpang.

Album tersebut sebelumnya hanya dirilis dalam format digital, lalu kini disebarluaskan melalui label rekaman Demajors.

Efek Rumah Kaca menghadirkan Rimpang setelah terakhir meluncurkan album Sinestesia pada akhir 2015, dan mini album Jalan Enam Tiga pada 2020.

Album keempat tersebut berisi 10 lagu yang diselesaikan dengan susah payah, dan sukacita.

"Ini album penuh pertama kami tanpa Adrian Yunan, yang sidik jarinya begitu tebal dalam lagu maupun lirik Efek Rumah Kaca yang lalu. Namun begitu, kehadiran Poppie Airil dan Reza Ryan membuat kami mampu melangkah ke wilayah yang belum pernah kami jelajahi sebelumnya, sehingga membuat Rimpang menjadi album yang berbeda dari album sebelumnya. Semoga, begitu juga album-album berikutnya, akan tetap menjelajah," kata Cholil, vokalis Efek Rumah Kaca, Rabu (5/4).

Rimpang merupakan salah satu lagu dalam album yang dianggap paling pas untuk mewakili apa yang ingin disampaikan oleh Efek Rumah Kaca.

Lagu tersebut sekaligus menjadi benang merah dari berbagai kritik dan otokritik serta kesah dan gelisah sehingga layak menjadi tajuk album.

Terinspirasi dari teori rhizome oleh Deleuze dan Guattari, Rimpang merupakan gambaran tentang betapa harapan-harapan, baik yang kecil maupun besar, muncul secara acak, tak linier, tanpa hirarki, dan dalam berbagai situasi (santai maupun tertekan) menjalar secara diam-diam.

Heroik yang telah diluncurkan pada September 2022 merupakan single pertama dari album Rimpang, sekaligus perkenalan atau kisi-kisi arah musikal Efek Rumah Kaca berikutnya.

Selanjutnya, Fun Kaya Fun, fokus trek dalam album ini yang dibawakan bersama Suraa, pseudonim dari Cempaka Surakusumah yang kerap membantu Efek Rumah Kaca tampil di berbagai panggung.

Selain dengan Suraa, Efek Rumah Kaca juga mewujudkan impian berkolaborasi dengan dedengkot hip-hop Morgue Vanguard, pada lagu Bersemi Sekebun.

Pada 8 April 2023, Efek Rumah Kaca bekerja sama dengan Institut Francais Indonesia (IFI) Jakarta untuk melaksanakan acara peluncuran CD dan video lirik album Rimpang.

Adapun CD album Rimpang hadir sebagai paket yang juga berisi 10 kartu pos dengan ilustrasi mewakili tiap lagu.

Efek Rumah Kaca mengedarkan CD album Rimpang melalui seluruh jaringan edar serta website Demajors. (ded/jpnn)

Grup musik Efek Rumah Kaca akhirnya mengedarkan CD dari album terbaru berjudul Rimpang.


Redaktur & Reporter : Dedi Yondra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News