Ego Masing-Masing Bikin Persoalan Freeport Meruncing

Ego Masing-Masing Bikin Persoalan Freeport Meruncing
Pengamat politik Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - jpnn.com - Pengamat komunikasi politik Emrus Sihombing menilai pemerintah dan Freeport-MacMoRan telah mengutamakan ego masing-masing terkait persoalan PT Freeport Indonesia (PTFI). Akibatnya, persoalan tentang status PTFI pun meruncing.

Emrus mengatakan, baik pemerintah Indonesia maupun Freeport merasa dalam posisi paling benar. Akibatnya tak ada ketulusan dalam berkomunikasi sehingga berpotensi menimbulkan saling ketidakpercayaan.

"Menurut saya, ego sektoral antara pemerintah dengan Freeport, sengaja atau tidak, telah menimbulkan jurang komunikasi yang semakin jauh bahkan bisa menjadi bola liar yang semakin sulit menemukan solusi koperatif," kata Emrus, Jumat (24/2).

Karenanya Emrus menyarankan ke pemerintah maupun Freeport agar mengesampingkan ego sektoral masing-masing. Menurut dia, harus ada saluran komunikasi secara kooperatif termasuk melalui mediator demi mengatasi persoalan di meja perundingan.

"Untuk itu, harus dibangun komunikasi introspeksi antar-para pihak, baik dari pemerintah maupun dari Freeport dengan penuh ketulusan," katanya. (boy/jpnn)


Pengamat komunikasi politik Emrus Sihombing menilai pemerintah dan Freeport-MacMoRan telah mengutamakan ego masing-masing terkait persoalan PT Freeport


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News