Ekonomi Melambat, Pengangguran Meningkat

Kinerja Industri Padat Karya Paling Terpukul

Ekonomi Melambat, Pengangguran Meningkat
Ekonomi Melambat, Pengangguran Meningkat
JAKARTA - Sejumlah industri padat karya mulai lesu akibat perlambatan ekonomi dunia. Industri tekstil dan produk tekstil (TPT) serta pertambangan misalnya, pertumbuhannya mulai melambat. Hal ini dikhawatirkan akan meningkatkan jumlah pengangguran.

"Industri seperti TPT terutama, itu harusnya mendapatkan perhatian khusus, karena sangat padat karya. Itu mengancam lapangan kerja," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Rusman Heriawan di kantornya, Senin (17/11).

BPS kemarin merilis pertumbuhan ekonomi triwulan III-2008 sebesar 3,5 persen (quarter to quarter/qtq), atau 6,1 persen (year on year/yoy). Pertumbuhan ini lebih lambat dibanding triwulan II-2008 sebesar 6,4 persen. Rusman mengatakan perlambatan ekonomi pada triwulan III-2008 terutama disebabkan oleh melemahnya ekspor. Ini berakibat langsung pada industri di dalam negeri.

Perlambatan ini diperparah oleh sektor perkebunan yang terimbas anjloknya harga minyak sawit (CPO). "Industri dalam negeri menjadi terancam," kata Rusman. Pertumbuhan ekspor triwulan III-2008 mencapai 14,33 persen. Kinerja ini melambat dibanding triwulan sebelumnya 15,93 persen.

JAKARTA - Sejumlah industri padat karya mulai lesu akibat perlambatan ekonomi dunia. Industri tekstil dan produk tekstil (TPT) serta pertambangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News