Ekonomi Membaik Sektor Riil Bergerak Positif

Ekonomi Membaik Sektor Riil Bergerak Positif
Ekonomi Membaik Sektor Riil Bergerak Positif
JAKARTA - Pengamat Bisnis Properti, Panangian Simanungkalit optimis trend membaiknya ekonomi nasional yang saat ini terjadi akan segera membawa dampak positif terhadap seluruh geliat dan aktivitas ekonomi riil nasional.

"Mengacu pada indikasi turunnya inflasi yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) menjadi 4 persen pada Desember 2009 mendatang dipastikan akan menurunkan BI Rat kekisaran angka 6 persen. Hal ini akan mempengaruhi tingkat suku bunga perbankan pada posisi ideal 10 persen, kata Panangiang Simanungkalit," di Jakarta, Rabu (1/7).

Posisi suku bunga perbankan yang akan turun menjadi 10 persen itu merupakan situasi yang sangat kondusif bagi pelaku ekonomi nasional. Terutama bagi pelaku ekonomi yang secara langsung terkait dengan kebutuhan masyarakat dan terbukanya kesempatan lapangan kerja seperti sektor perumahan, infrastruktur, properti dan perhotelan, kata Panangiang.

Membaiknya trend ekonomi Indonesia menjelang suksesi kepemimpinan nasional ini, lanjut Panangian, sesungguhnya tidak merata di seluruh kawasan Asia. "Hanya ada tiga negara di kawasan Asia yang dicatat dunia sebagai negara yang telah menunjukkan tanda-tanda pemulihan krisis ekonomi masing-masing Indonesia, China dan India. Sementara Jepang bahkan Amerika sendiri masih mengalami minus pertumbuhan hingga 4 persen."

JAKARTA - Pengamat Bisnis Properti, Panangian Simanungkalit optimis trend membaiknya ekonomi nasional yang saat ini terjadi akan segera membawa dampak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News