Eks Jagoan IT ISIS Pengin Pulang ke Tanah Air, Ini Respons Polri

Eks Jagoan IT ISIS Pengin Pulang ke Tanah Air, Ini Respons Polri
Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal. Foto: Elfany/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Utsman Mahdamy salah satu mantan anggota ISIS yang berada Suriah mengaku sudah sadar dan ingin kembali menjadi masyarakat biasa. Hal ini disampaikan Utsman melalui surat yang dia tulis sendiri dan dikirim ke Indonesia.

Pakar IT asal Solo ini bahkan mengaku siap menjalani proses hukum dan siap membantu Polri untuk mengungkap jaringan teror Indonesia yang terafiliasi dengan ISIS. Terkait adanya permohonan itu, Polri pun menyambutnya dengan positif.

“Kami sambut baik. Tetapi kami juga harus cerdas dan ada standar operasional prosedur (SOP) untuk kerja sama dengan kementerian dan lembaga terkait,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal, Kamis (16/5).

BACA JUGA: Bos ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi Nongol Lagi

Iqbal menegaskan, pada prinsipnya, Polri menyambut baik niatan dari siapa saja, baik itu mantan penjahat atau teroris yang ingin kembali ke jalan yang benar. “Namun, saya tegaskan, kami harus cerdas dalam menanggapi itu,” tambah Iqbal.

Dia juga menuturkan, mantan anggota ISIS yang pulang ke Indonesia jumlahnya cukup banyak. Bahkan mencapai puluhan orang.

“Saya belum bisa sebutkan sekarang. Ada banyak itu, lebih dari puluhan. Kami juga sudah banyak melakukan upaya deradikalisasi,” tandas Iqbal. (cuy/jpnn)

Simak Video Pilihan Redaksi :


Utsman Mahdamy salah satu mantan anggota ISIS yang berada Suriah mengaku sudah sadar dan ingin kembali menjadi masyarakat biasa di tanah air. Bagaimana tanggapan Polri?


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News