Eks Manajer Jadi Whistleblower, Praktik Kotor Facebook Terungkap

Eks Manajer Jadi Whistleblower, Praktik Kotor Facebook Terungkap
Mantan Manajer Produksi Facebook Inc. Frances Haugen dalam program '60 Minutes' di saluran televisi CBS. Foto: YouTube/60 Minutes

jpnn.com, WASHINGTON - Perusahaan penyedia layanan media sosial Facebook Inc. tengah tersudut oleh pengakuan mantan pegawainya, Frances Haugen.

Eks manajer produksi Facebook Inc. itu membeber praktik lancung yang dilakukan perusahaan penyedia layanan media sosial tersebut dalam program '60 Minutes' di saluran televisi CBS yang ditayangkan Minggu (3/10).

Haugen mengungkapkan perusahaan pemilik WhatsApp dan Instagram itu memilih berbuat curang demi meraup keuntungan finansial ketimbang kepentingan masyarakat luas.

"Ada konflik kepentingan antara yang baik bagi publik dan yang bagus untuk Facebook," ujar Haugen.

"Facebook berulang kali memilih mengoptimalkan kepentingannya sendiri, seperti menghasilkan banyak uang," tutur perempuan berusia 37 tahun itu.

Sebelumnya, Haugen bekerja selama dua tahun dalam tim misinformasi sipil di Facebook. Namun, dia mengundurkan diri pada Mei lalu.

Haugen mengaku sebagai whistleblower yang memasok dokumen untuk mendukung investigasi tentang bahaya Instagram terhadap gadis remaja yang tengah dilakukan Senat AS dan media ternama Wall Street Journal.

Mantan pegawai Google dan Pinterest itu menggunakan nama 'Sean' untuk menyamarkan identitasnya sebagai whistleblower yang menyingkap praktik kotor di Facebook.

Perusahaan penyedia layanan media sosial Facebook tengah tersudut oleh pengakuan mantan pegawainya, Frances Haugen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News