Eks Menteri ESDM Minta Pemerintah Jujur Soal Permasalahan BBM

Eks Menteri ESDM Minta Pemerintah Jujur Soal Permasalahan BBM
Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said meminta pemerintah jujur soal permasalahan energi dan bahan bakar minyak (BBM) subsidi. FOTO: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Eks Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said meminta pemerintah jujur soal permasalahan energi dan bahan bakar minyak (BBM) subsidi.

Menurut Sudirman, pemerintah harus menyikapi sederet permasalahan harga energi dengan tegas meskipun telah menyiapkan sejumlah program bantuan sosial.

“Menghadapi isu energi harus ada kejujuran. Artinya, ceritakan apa adanya kesulitan dan terbuka,” ujar Sudirman Said dalam diskusi virtual bersama Total Politik, Jumat (2/9).

Di samping itu, pemerintah harus tegas dalam pengelolaan infomrasi harga BBM melalui satu pintu agar tidak terjadi banyak pernyataan yang datang dari berbagai kalangan.

“Kalau dibiarkan kesimpulannya bermacam-macam, orang makin bingung. Akibatnya, malah harga-harga naik karena dari berbagai sudut pandang tadi,” ungkapnya.

Selanjutnya, pemerintah harus berani mengambil risiko apapun yang terjadi terkait kebijakan energi yang tidak mudah dihadapi.

“Sulit iya, ramai pasti iya, demo mungkin ada, dihadapi saja. Ini yang mungkin di dalam susana yang terus menerus mempertimbangkan populisme sehingga menjadi sulit dilakukan,” kata Sudirman. (mcr28/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said meminta pemerintah jujur soal permasalahan energi dan bahan bakar minyak (BBM) subsidi.


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Wenti Ayu Apsari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News