Eks Napi Teroris Menjahit Masker untuk Masyarakat, Gubernur Ganjar Terharu

Eks Napi Teroris Menjahit Masker untuk Masyarakat, Gubernur Ganjar Terharu
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Instagram

jpnn.com, JAKARTA - Aksi para eks narapidana teroris yamg menyumbangkan 1.350 masker untuk provinsi Jawa Tengah, mendapat apresiasi banyak orang.

Sumbangan 1.350 masker tersebut telah diterima langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan Wakil Gubernur, Taj Yasin, di Gradhika Bhakti Praja Semarang, Senin.

"Saya tidak pernah menghitung jumlahnya. Satu pun kalau itu diberikan dengan ikhlas dan ingin disumbangkan untuk kemanusiaan, buat saya itu seperti sejuta masker bahkan mungkin lebih. Terpenting adalah ketulusan hati, niat yang baik dan ini bagian dari sakitnya bangsa, sakitnya negara, deritanya rakyat, kita semua menanggung bersama,” ujar Ganjar.

Pelaksana tugas (Plt) Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Nugroho, mengatakan pemberian masker tersebut merupakan langkah nyata Pemasyarakatan untuk bersinergi dengan masyarakat menghadapi wabah COVID-19.

"Kita bekerja bersama melawan COVID-19. Kami berharap ini juga bisa membangun kerja sama dengan masyarakat untuk melakukan pembinaan, pendampingan dan pengawasan terhadap klien Pemasyarakatan sehingga proses reintegrasi sosial berjalan dengan baik,” ujar Nugroho

Pemberian masker yang terdiri dari 1.000 masker kaos dan 350 masker batik itu merupakan hasil kerja sama Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Surakarta, dengan Yayasan Gema dan Yayasan Prasasti Perdamaian.

Nugroho mengungkapkan saat ini banyak Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan yang memproduksi alat pelindung diri (APD) buatan eks narapidana yang tersebar di sebagian besar wilayah Indonesia.

Beberapa APD yang diproduksi antara lain masker, pelindung wajah, penutup kepala, pakaian dekontaminasi, dan apron. Tak hanya itu, beberapa perlengkapan penunjang juga diproduksi, seperti cairan disinfektan, cairan antiseptik, penyanitasi tangan, bilik sterilisasi, tiang infus hingga tandu. (antara/jpnn)

Aksi para eks narapidana teroris yang menyumbangkan 1.350 masker untuk Provinsi Jawa Tengah, mendapat apresiasi banyak orang.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News