Eks Petinggi KPK Nilai Pemilu 2019 Terburuk Setelah Era Reformasi

Eks Petinggi KPK Nilai Pemilu 2019 Terburuk Setelah Era Reformasi
Pemilu 2019. Foto ilustrasi: batampos/jpg

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bambang Widjojanto menilai buruk proses Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Sebab, kecurangan mewarnai proses demokrasi lima tahunan ini mulai dari masa persiapan, pencoblosan, hingga penghitungan suara.

"Pemilu kali ini disebut sebagai pemilu terburuk setelah reformasi," kata Bambang ditemui di Jakarta Selatan, Minggu (21/4) ini.

BACA JUGA: Aktivitas Terbaru Sandiaga Setelah Dikabarkan Sakit Demam dan Cegukan

Dia menyebut banyak bukti kecurangan bertebaran di dunia maya. Contohnya temuan video yang merekam surat suara tercoblos untuk calon presiden tertentu.

"Sudah banyak di video itu ada orang yang dibawa ke tempat pemungutan suara itu suaranya di coblos dan itu ada videonya dan sudah berkembang berarti bukan hoaks," ungkap dia.

Dia berharap, aparat berwenang mengusut tuntas kecurangan Pemilu 2019. Tanpa pengusutan, legalitas pemenang Pemilu 2019 akan diragukan.

BACA JUGA: Maju Gantikan Ajik, Politikus PDIP Ini Tak Menyangka Raih Suara Tertinggi

"Jangan sampai yang memenangkan Pemilu lain, yang mendapatkan suara terbanyak lain tapi yang menjadi presiden orang lain juga," kata dia.

Mantan Pimpinan KPK Bambang Widjojanto menilai buruk proses Pemilu 2019. Sebab, kecurangan mewarnai proses demokrasi lima tahunan ini mulai dari masa persiapan, pencoblosan, hingga penghitungan suara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News