Ekspor Nonmigas Catat Rekor Baru

Ekspor Nonmigas Catat Rekor Baru
Ekspor Nonmigas Catat Rekor Baru
JAKARTA — Menteri Perdagangan (Mendag) Mari Elka Pangestu menyatakan, ekspor nonmigas selama bulan Agustus 2010 mencapai US$ 11,8 miliar. Angka itu naik US$ 1,2 miliar dari bulan sebelumnya, atau merupakan yang tertinggi dalam sepanjang sejarah.

“Penguatan kinerja ekspor periode Agustus 2010 didorong oleh meningkatnya ekspor produk industri sebesar 14,7 persen dari bulan sebelumnya, dan lebih tinggi 38 persen dibandingkan dengan bulan yang sama tahun 2009,” kata Mendag di Gedung Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jakarta, Jumat (1/10).

Dengan pencapaian kinerja ekspor selama Agustus 2010 itu, lanjut Mendag, ekspor kumulatif nonmigas periode Januari-Agustus 2010 mengalami peningkatan 36,3 persen dibanding periode yang sama tahun 2009. Selain itu kinerja ekspor nonmigas juga  ditunjang diversifikasi produk ekspor yang ditunjukkan dengan menurunnya pangsa 10 produk utama, namun digantikan oleh produk-produk lainnya.

Sementara untuk impor nonmigas selama Agustus 2010, mencapai USD 10 miliar atau menurun 4,8 persen dari bulan Juli. Dikatakan, nilai impor bahan baku dan penolong tetap mendominasi struktur impor diikuti oleh barang modal dan barang konsumsi. Mendag menyebutkan, meningkatnya permintaan impor bahan baku/penolong dan barang modal merupakan respon terhadap meningkatnya investasi selama Semester I 2010 yang naik sebesar 7,9 persen.

JAKARTA — Menteri Perdagangan (Mendag) Mari Elka Pangestu menyatakan, ekspor nonmigas selama bulan Agustus 2010 mencapai US$ 11,8 miliar. Angka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News