Elektabilitas Prabowo-Gibran Melejit, PDIP Diprediksi Tetap Kuasai Senayan

Elektabilitas Prabowo-Gibran Melejit, PDIP Diprediksi Tetap Kuasai Senayan
Ganjar Pranowo (kanan) bersama dua bakal calon rivalnya di Pilpres 2024 Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Foto: Andi Firdaus/Antara

jpnn.com, JAKARTA - Hasil temuan survei PatraData yang dilaksanakan pada tanggal 25–30 Oktober 2023 menunjukan elektabilitas partai PDIP tetap lebih tinggi dibandingkan partai lainnya.

Menurut survei tersebut, elektabilitas PDIP berada di angka 20,8%, disusul secara berurutan oleh partai Gerindra dengan 18,9%, Golkar 6,6%, PKB 6,5%, PKS 6,2%, NasDem 4,7%, PAN 4,5%, Demokrat 4,4%, dan PSI 4,2%.

"Sementara PPP (3,6%) secara berurut yaitu Perindo, Gelora, Ummat, PBB, PKN, Buruh, Garuda, Hanura, masih berada dibawah angka ambang batas parlemen, yaitu 4%,” ungkap Manajer Riset PatraData Rezki Adminanda di Jakarta, Selasa (2/11).

Terhadap elektabilitas capres, survei PatraData menemukan Capres Prabowo Subianto unggul dengan 42,4% dari bakal calon lainnya, yaitu Ganjar Pranowo dengan 26,6%, lalu disusul Anies Baswedan 19%.

Sementara itu, terdapat 12% responden menjawab tidak tahu/tidak menjawab.

Lebih lanjut, terhadap simulasi head to head capres dari hasil survei PatraData terlihat Prabowo tetap unggul dari calon presiden lainnya.

“Head to Head antara ketiga nama calon presiden yang kami lakukan pada survei ini menunjukan bahwa Prabowo Subianto unggul secara signifikan dari Ganjar Pranowo ataupun Anies Baswedan. Sementara Ganjar Pranowo lebih banyak dipilih dari pada Anies Baswedan,” ungkap Rezki Adminanda pada paparannya.

Temuan simulasi head to head pada survei PatraData, yaitu Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, memunculkan nama bakal calon presiden 2024 Ganjar Pranowo unggul dengan 44,8% dari bakal calon presiden  Anies Baswedan dengan 38,1%, sedangkan 17,1% responden menjawab tidak tahu/ tidak jawab.

Hasil temuan survei PatraData yang dilaksanakan pada tanggal 25–30 Oktober 2023 menunjukan elektabilitas partai PDIP tetap yang tertinggi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News