Erdogan Menang Lagi, Presiden Jokowi Pengin Telepon Langsung

Erdogan Menang Lagi, Presiden Jokowi Pengin Telepon Langsung
Presiden Joko Widodo dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kanan) di Istana Kepresidenan Turki, Ankara, Turki, Kamis (6/7). Foto: Setpres RI

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang kembali memenangi pemilihan umum. Kemenangan Erdogan dengan perolehan suara lebih dari 50 persen suara telah mencatatkan pemimpin Partai Keadilan dan Pembangunan itu sebagai presiden pertama Turki dalam sistem konstitusi yang baru yakni presidensial.

Jokowi menuturkan, dirinya pagi tadi memperoleh informasi dari Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi perihal kemenangan Erdogan. “Dan saya mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Presiden Erdogan sebagai Presiden Turki," kata Jokowi di kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (25/6).

Hanya saja, Presiden Ketujuh RI ini belum secara langsung menyampaikan ucapan selamat kepada Erdigan. Sebab, Menlu Retno masih mengupayakan agar kedua pemimpin tersebut bisa berkomunikasi melalui sambungan telepon.

"Tadi saya minta Menlu mengatur agar saya bisa telepon langsung," tutur suami Iriana itu.

Jokowi juga punya harapan atas kemenangan Erdogan. Mantan gubernur DKI itu mengharapkan kembali terpilihnya Erdogan sebagai presiden akan membuat hubungan bilateral Turki dengan Indonesia di bidang ekonomi dan investasi bisa ditingkatkan.(fat/jpnn)


Presiden Jokowi mengatakan, dirinya pagi tadi memperoleh informasi dari Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi perihal kemenangan Erdogan pada Pemilu Turki..


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News