JPNN.com

Erdogan Yakin Trump Bakal Cabut Sanksi untuk Turki

Senin, 15 Juli 2019 – 16:02 WIB Erdogan Yakin Trump Bakal Cabut Sanksi untuk Turki - JPNN.com

jpnn.com, ANKARA - Recep Tayyip Erdogan optimistis sanksi AS terhadap Turki bisa dicabut. Pasalnya, klaim dia, Presiden AS Donald Trump tidak sepakat dengan sanksi yang dijatuhkan terkait pembelian sistem pertahanan udara S-400 dari Rusia tersebut.

"(Trump) memiliki wewenang untuk mengesampingkan atau menunda CAATSA," kata Erdogan merujuk pada sanksi Amerika Serikat yang dirancang untuk mencegah negara-negara membeli peralatan militer dari Rusia.

"Karena ini masalahnya, Trumplah yang perlu menemukan jalan tengah," kata Erdogan, seperti dimuat Reuters.

Sebelumnya Trump menyatakan simpati terhadap posisi Turki ketika dia bertemu Erdogan pada pertemuan puncak G20 di Jepang bulan lalu.

BACA JUGA: Makin Akrab dengan Jokowi, Erdogan Berencana Kunjungi Indonesia Tahun Depan

Trump mengatakan bahwa Ankara telah membeli S-400 dari Moskow karena pemerintah Amerika Serikat sebelumnya (Obama) tidak mau menjual rudal Patriot kepasa Turki.

"Saat ini, saya tidak percaya Trump memiliki pendapat yang sama dengan orang-orang di bawahnya dan dia telah mengatakan ini di depan semua media di dunia," kata Erdogan.

Dia pun menegaskan bahwa pembelian S-400 adalah untuk tujuan damai. “Dengan membeli S-400, kami tidak bersiap-siap untuk perang. Kami berusaha untuk menjamin perdamaian dan keamanan nasional kami," tambahnya. (rmol/jpg)

Sumber RMOL.co

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...