Erick Thohir Enggak Main-Main Ingin Naikkan Pamor Wasit

Erick Thohir Enggak Main-Main Ingin Naikkan Pamor Wasit
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kedua dari kanan) saat menyaksikan perjuangan Timnas U-22 meraih emas sepak bola SEA Games 2023. Foto: PSSI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menegaskan kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2013/2024 harus menjadi momen menaikkan kembali pamor wasit nasional.

Kredibilitas dan integritas wasit Indonesia yang di masa lalu selalu mengundang polemik di setiap akhir pertandingan, menurut Erick sudah waktunya tidak terjadi lagi.

PSSI ingin terus meningkatkan kualitas dan seleksi wasit yang akan bertugas.

"Kami baru saja menuntaskan tahap pertama antara PSSI dengan JFA, organisasi sepak bola Jepang untuk menjadikan sistem perwasitan nasional yang komprehensif sehingga wasit Indonesia dapat bersaing di level dunia," ujar Erick dalam keterangannya.

Seleksi wasit untuk Liga 1 dan Liga 2 yang melibatkan JFA menjadi langkah awal agar wasit lebih bersih, profesional, dan berintegritas.

Erick berharap dengan seleksi dan pelatihan wasit yang melibatkan JFA ini pertandingan Liga 1 dan Liga 2 di musim mendatang akan berjalan lebih fair dan menjunjung tinggi sportivitas.

Dengan demikian, kata dia, tidak ada lagi anggapan miring penonton yang sudah mengetahui skor sebelum pertandingan dimulai.

"Ini proses menuju perbaikan wasit secara menyeluruh. Sebelumnya kami sudah memberikan jaminan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada seluruh wasit yang bertugas di Liga 1 maupun Liga 2. Kini melalui pelatihan dari JFA, maka hal itu akan meningkatkan kualitas wasit yang ujungnya berdampak bertambahnya jam terbang dan kepercayaan sehingga mereka akan sering bertugas dan pemasukannya naik," lanjutnya.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menegaskan kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2013/2024 harus menjadi momen menaikkan kembali pamor wasit nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News