Erupsi Gunung Marapi Diiringi Hujan Abu Vulkanik di Sumbar

Erupsi Gunung Marapi Diiringi Hujan Abu Vulkanik di Sumbar
Erupsi Gunung Marapi melontarkan material pijar berwarna kemerahan yang dipotret dari Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, Ahad (14/1/2024). (ANTARA/Muhammad Zulfikar)

jpnn.com, AGAM - Erupsi Gunung Marapi yang berada di Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), pada Minggu (14/1) pagi diiringi dengan hujan abu vulkanik yang terjadi di sekitar lereng gunung, salah satunya di Nagari (desa) Bukik Batabuah.

"Ya, tadi dentumannya (letusan Marapi) cukup keras, dan setelah itu terjadi hujan abu vulkanik" kata sukarelawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Agam, Tayap di posko lapangan erupsi Gunung Marapi Nagari Bukik Batabuah, Minggu.

Dari laporan Pos Pengamatan Gunung Api Marapi, tinggi kolom abu teramati sekitar 1.300 meter di atas puncak atau kurang lebih 4.191 meter di atas permukaan laut.

Erupsi gunung api tersebut juga diiringi lontaran material pijar berwarna kemerahan yang menyembur di sekitar puncak Gunung Marapi.

Sesaat setelah letusan terjadi, para sukarelawan dan tim gabungan dari berbagai instansi tampak bersiaga mengantisipasi kemungkinan terburuk.

Masih dalam laporan Pos Pengamatan Gunung Api Marapi, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 29 milimeter dan durasi sementara sekitar 45 detik.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG) telah mengeluarkan rekomendasi terkait peningkatan status Gunung Marapi dari level dua menjadi level tiga.

Rekomendasi itu, yakni masyarakat yang bermukim di sekitar Gunung Marapi, pendaki, pengunjung atau wisatawan agar tidak memasuki atau berkegiatan di wilayah radius 4,5 kilometer dari pusat erupsi (Kawah Verbeek).

Erupsi yang terjadi di Gunung Marapi, Kabupaten Agam, Sumatera Barat diiringi hujan abu vulkanik.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News