ESDM Siapkan Empat Program Penghematan Energi

ESDM Siapkan Empat Program Penghematan Energi
Dewan Pembina Partai Demokrat Hayono Isman memberikan penjelasan pada diskusi mengenai "Siapa Peduli Energi" di Grand Sahid Jaya Hotel, Jln Jend. Sudirman, Jakarta Pusat, Sabtu (22/3). Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Juru Bicara Kementerian ESDM, Saleh Abdurrahman mengungkapkan bahwa pihaknya telah memiliki beberapa program untuk melakukan penghematan energi. Setidaknya ada empat poin yang akan dilakukan.

"Pak Jero Wacik (Menteri ESDM) sudah membuat program. Ada empat di situ, pertama meningkatkan produksi migas, kedua mengurangi penggunaan BBM, ketiga impor harus ditekan dan keempat terus mengenjot energi baru terbarukan," terang Saleh saat menjadi pembicara bertajuk 'Siapa Peduli Energi' di Puri Putri Room Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Sabtu (21/3).

Dari keempat empat poin itu, kata Saleh, kebijakan utama yang saat ini terus digalakkan ESDM yakni mempercepat sumber energi baru terbarukan. Sebab menurut dia, cadangan energi di Indonesia sudah semakin tipis.

"Sebetulnya kata-kata yang menyebut Indonesia kaya akan energi harus kita koreksi mulai sekarang. Faktanya kita sudah tidak punya energi yang melimpah. Minyak bumi sudah tidak ada cadangan, sudah semakin menipis," kata dia.

Karenanya dia berharap pemerintah yang baru nanti, harus terus melanjutkan empat program yang telah dibuat di pemerintahan saat ini. "Kita sedang galakkan itu semua (empat program penghematan energi-red), tapi masalahnya kalau nanti menterinya ganti gimana? Semoga tetap berlanjut programnya," tanya Saleh.

Hal senada juga diharapkan Politisi Partai Demokrat, Hayono Isman. Dia berharap siapapun nantinya presiden yang terpilih dapat melanjutkan kebijakan-kebijakan ataupun program yang baik yang sudah berjalan.

"Ya siapapun nanti (Presiden-red) yang terpilih, harus bisa melanjutkan program-program apa saja yang baik untuk dilanjutkan," tukas Hayono di tempat yang sama. (chi/jpnn)

JAKARTA - Juru Bicara Kementerian ESDM, Saleh Abdurrahman mengungkapkan bahwa pihaknya telah memiliki beberapa program untuk melakukan penghematan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News