Kamis, 13 Desember 2018 – 13:02 WIB

Esri dan Binus Gelar Lomba Geo Hackathon, Tim UI Jadi Juara

Kamis, 06 Desember 2018 – 01:10 WIB
Esri dan Binus Gelar Lomba Geo Hackathon, Tim UI Jadi Juara - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Mahasiswa dari penjuru Indonesia mengikuti lomba geospasial hackathon bertajuk GIS Hacks yang dihelat Fakultas Sains Komputer Universitas Bina Nusantara bekerja sama dengan Esri Indonesia.  

Lomba itu digelar untuk menciptakan aplikasi canggih berbasis lokasi guna membantu komunitas dalam hidup, cara kerja dan bertindak.

Sekitar 400 praktisi, mahasiswa, dan akademisi menghadiri lomba yang mengusung tema Peran GIS Dalam Era Big Data itu.

Pemenang lomba adalah tim mahasiswa dari Universitas Indonesia (UI) yang terdiri dari Muhamad Iqbal Januadi Putra dan Fadhili Akbar.

Mereka membuat aplikasi yang didesain untuk perusahaan migas dengan tujuan mengurangi biaya operasional melalui identifikasi rute pipa saluran dan penyederhanaan proses bisnis.

Menurut CEO Esri Indonesia Achmad Istamar, artificial intelligence (AI) dan  machine learning (ML) memiliki peranan penting dalam era Revolusi Industri 4.0 (4IR).

“Kunci keberhasilan 4IR adalah kemampuan untuk menyatukan jumlah data yang banyak untuk diolah menjadi analisa yang tajam. Teknologi geospasial dan geo-artificial intelligence merupakan kunci untuk menyatukan data, mengambil kesimpulan yang kemudian disajikan untuk mendukung pengambilan keputusan,” kata Istamar.

Dia menambahkan, untuk meraih keberhasilan 4IR, Esri Indonesia telah dipercaya oleh klien untuk menciptakan kemampuan inovatif geo-artificial intelligence berdasarkan data spasial dengan tujuan memperbaiki proses perencanaan, alokasi sumber, dan pengambilan keputusan di Indonesia.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar