Evaluasi Penerapan PPKM Mikro, Satgas Covid-19 Bentuk 7 Tim Supervisi

Evaluasi Penerapan PPKM Mikro, Satgas Covid-19 Bentuk 7 Tim Supervisi
Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo. Foto: BNPB/Satgas COVID-19.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Brigjen TNI (Purn) dr Alexander K Ginting mengatakan pihaknya tengah mengevaluasi pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro dan Posko Covid-19 desa atau kelurahan.

Evaluasi ini dibahas dalam rapat koordinasi (rakor) yang digelar pada Minggu (28/2).

Menurut Alex, Ketua Satgas Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo sudah memerintahkan untuk membentuk tim supervisi yang dikirim langsung ke kawasan di Pulau Jawa dan Bali.

"Total ada tujuh tim supervisi desa terkait PPKM skala mikro yang dilepas langsung oleh Pak Doni Monardo," ujar Alex dalam jumpa pers virtual pada Minggu (28/2) sore. 

Lanjut Alex menuturkan, ketujuh tim tersebut bertugas dalam rangka memperkuat posko desa dan puskesmas di dalam melaksanakan testing, tracing, dan treatment atau 3T serta mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker atau 3M.

"Tim supervisi ini juga memperkuat zona isolasi. Semuanya bermuara dan berasal dari instruksi Mendagri Nomor 3 tahun 2021," terang Alex.

Alex juga menerangkan, PPKM skala mikro ini dilaksanakan setelah pemerintah memberlakukan PPKM untuk Jawa dan Bali.

Namun, dalam pelaksanaannya Presiden Jokowi menjlai belum optimal.

Satgas Covid-19 telah membentuk tim supervisi untuk pelaksanaan PPKM skala mikro. Tim supervisi ini bahkan sudah dilepas oleh Ketua Satgas Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News