Facebook Mampu Dongkrak Rasa Percaya Diri Calon Mahasiswa

Facebook Mampu Dongkrak Rasa Percaya Diri Calon Mahasiswa
Facebook Mampu Dongkrak Rasa Percaya Diri Calon Mahasiswa

jpnn.com - FACEBOOK ternyata dapat membantu menambah rasa percaya diri para calon mahasiswa terhadao kemampuan mereka untuk masuk perguruan tinggi unggulan yang mereka tuju. Mengacu pada sebuah studi, interaksi melalui Facebook maupun media sosial lainnya ternyata bisa memacu optimisme dan rasa percaya diri.

"Kami sangat senang dengan temuan ini, karena hal ini menunjukkan bahwa jenis interaksi seperti Facebook dan media sosial lainnya, dapat memainkan peranan yang cukup penting dan menumbuhkan rasa kepercayaan yang lebih tinggi dalam membantu kaum muda, terutama mereka yang ingin masuk kesuatu perguruan tinggi unggulan, "kata profesor dari University of Michigan School of Information, Nicole Ellison, seperti  dilansir laman Times of India, Sabtu (7/9).

Dalam studi itu, para peneliti mensurvei lebih dari 500 calon mahasiswa. Penelitian itu menggunakan model statistik untuk meneliti berbagai faktor yang berhubungan dengan keyakinan para calon mahasiswa akan kemamapuan mereka dalam menempuh pendidikan di universitas yang mereka tuju. Faktor-faktor yang disurvei meliputi demografi, riwayat keluarga, universitas yang mereka tuju, dukungan informasi dan koneksi Facebook.

Para peneliti menemukan bahwa para calon mahasiswa yang menggunakan media sosial, lebih memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan lebih mampu menjawab pertanyaan survei dibandingakan dengan calon mahasiswa yang tidak menggunakan media sosial sebagai salah satu sumber informasi. Karenanya, penelitian itu merekomendasikan agar para calon mahasiswa yang tak punya dukungan finansial kuat untuk bisa memanfaatkan media sosial.

"Pesan kami kepada calon mahasiswa adalah, jika mereka dirugikan dalam hal sumber daya finansial atau dukungan orangtua, media atau jaringan sosial yang sangat luas dapat membantu mereka mengakses sumber daya atau potensi yang mereka miliki," kata seorang mahasiswa doktoral dari Michigan University, Yvette D. Wohn.(fny/jpnn)


FACEBOOK ternyata dapat membantu menambah rasa percaya diri para calon mahasiswa terhadao kemampuan mereka untuk masuk perguruan tinggi unggulan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News