Jumat, 21 September 2018 – 03:39 WIB

Fadli Zon Dicap Sobat MCA, Boni: Itu Dugaan Logis

Rabu, 14 Maret 2018 – 21:42 WIB
Fadli Zon Dicap Sobat MCA, Boni: Itu Dugaan Logis - JPNN.COM

Boni Hargens. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Boni Hargens angkat suara terkait langkah Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon melaporkan sejumlah pihak ke Bareskrim Mabes Polri beberapa waktu lalu.

Menurut Boni, kepolisian perlu dengan cepat merespons pengaduan Fadli agar ditemukan fakta yang sebenarnya. Apakah benar ada hubungan antara Fadli dengan MCA atau hanya tudingan semata.

"Untuk urusan foto dan bukti hukum silakan institusi terkait yang merespons. Ini penting karena memang sangat logis ada pihak bertanya-tanya apakah ada kaitan Fadli dengan kelompok Muslim Cyber Army (MCA)," ujar Boni kepada JPNN, Rabu (14/3).

Menurut Boni, Fadli Zon dalam banyak kesempatan terkesan memberi pembelaan terhadap Saracen dan kelompok yang menamakan dirinya MCA.

"Dari situ orang bisa berkesimpulan by common sense, Fadli Zon setidaknya dekat dengan kelompok-kelompok tersebut. Saya kira itu hanya penalaran standar," ucapnya.

Meski demikian, Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) ini mengaku belum dapat menyimpulkan siapa di balik MCA.

Boni hanya menyatakan, tidak mungkin Saracen atau MCA bekerja tanpa dukungan politik. Karena operasi yang mereka jalankan butuh dana besar dan butuh tujuan yang jelas.

"Designed goals dari gerakan itu pasti bersifat politis. Dalam hal itulah, tidak salah kalau publik meyakini ada kelompok tertentu di tubuh oposisi yang mendanai gerakan kelompok-kelompk macam ini," kata Boni.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar