Fahri Hamzah: Lebih Penting Memenuhi Hak Calon Jemaah Haji Ketimbang...

Fahri Hamzah: Lebih Penting Memenuhi Hak Calon Jemaah Haji Ketimbang...
Fahri Hamzah. Foto: Humas DPR

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Tim Pengawas Haji (Timwas Haji) DPR Fahri Hamzah mengingatkan memenuhi hak-hak calon jemaah haji jauh lebih penting dibanding menggunakan dana haji untuk diinvestasikan membangun proyek infrastruktur pemerintah.

Menurut Fahri, selama dua tahun mengawasi pelaksanaan haji, dirinya menemukan masih banyak yang bermasalah dalam pelayanan haji Indonesia. Baik dari persiapan di Tanah Air, hingga jemaah tiba di tanah suci Mekah.

"Menurut saya, kita ini zolim mempersiapkan jemaah, karena ada jemaah kita ini yang baru naik haji umur 80 tahun. Selama 80 tahun itu belum pernah keluar dari kampung halamannya, jangankan naik pesawat, naik mobil saja ada yang belum pernah," ujar Fahri ditemui di kompleks Parlemen Jakarta, Jumat (28/7).

Nah, untuk mempersiapkan para calon jemaah haji ini, investasi pertama yang diperlukan adalah mempersiapkan pusat-pusat pelatihan haji dan menyempurnakan wisma haji yang ada di seluruh daerah. Fasilitasnya harus dilengkapi, baik fisik maupun teknologinya.

"Bikin videonya, bikin simulasinya, manasiknya dibuat lebih canggih supaya orang lebih mengerti," ucap politikus PKS ini.

Bagi calon jemaah yang masuk daftar tunggu untuk diberangkatkan, sudah menyetorkan uang, seharusnya dalam masa tunggu tersebut mereka bisa diberikan kesempatan melaksanakan satu kali ibadah umrah.

Dengan begitu, para calon jemaah haji tersebut memiliki pengalaman berada di tanah suci sebelum menunaikan haji. “Pakai dana apa, pakai dana di BPKH,” ujar wakil ketua DPR itu.

Kemudian masalah transportasi, Fahri mengusulkan dana haji digunakan untuk membeli saham maskapai Garuda Indonesia. Sebab, jemaah haji dan umroh membutuhkan pesawat. Manfaatnya, mereka bisa mendapat reward sebagai pemegang saham berupa kompensasi harga maupun pelayanan khusus.

Ketua Tim Pengawas Haji (Timwas Haji) DPR Fahri Hamzah mengingatkan memenuhi hak-hak calon jemaah haji jauh lebih penting dibanding menggunakan dana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News