Faisal Basri Nilai Pengalihan Subsidi BBM Lebih Bermanfaat bagi Orang Miskin

Faisal Basri Nilai Pengalihan Subsidi BBM Lebih Bermanfaat bagi Orang Miskin
Ekonom senior Faisal Basri menilai pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM) bisa memberikan manfaat lebih banyak kepada orang miskin. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Ekonom senior Faisal Basri menilai pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM) bisa memberikan manfaat lebih banyak kepada orang miskin.

Oleh karena itu, perlu upaya untuk meyakinkan masyarakat bahwa kebijakan kenaikan harga BBM diperlukan.

"Sehingga, pemerintah dapat menyediakan anggaran cukup untuk kebutuhan lain yang memberi manfaat lebih besar bagi orang miskin,” kata Faisal Basri dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Rabu (7/9).

Faisal menyebut salah satu tujuan dari subsidi adalah redistribusi, agar pendapatan menjadi lebih merata.

Menurutnya, dengan menetapkan harga lebih murah, barang yang disubsidi menjadi dapat dijangkau oleh masyarakat yang miskin sekalipun.

"Subsidi BBM tampak tidak sejalan dengan tujuan tersebut karena ternyata orang miskin sedikit menggunakan BBM dari pada orang kaya. Sementara itu, subsidi BBM membutuhkan anggaran sangat besar," ujar Faisal.

Selain itu, Faisal menyebut kenaikan harga BBM terjadi hampir di semua negara, termasuk produsen besar seperti Arab Saudi.

"Harga di Indonesia lebih murah dibandingkan produsen utama minyak, Arab Saudi," kata Faisal.

Ekonom senior Faisal Basri menilai pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM) bisa memberikan manfaat lebih banyak kepada orang miskin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News