Fakta-Fakta Kebiasaan Buruk yang Bisa Memengaruhi Kesehatan Hati

Fakta-Fakta Kebiasaan Buruk yang Bisa Memengaruhi Kesehatan Hati
Menjaga kesehatan organ hati. Foto: dok. Klikdokter.com

jpnn.com - Hati termasuk salah satu organ terpenting manusia. Oleh karena itu setiap orang harus menjaga kesehatan hati.

Ada banyak sekali manfaat serta kegunaan hati. Di dalam aspek kehidupan, hati sendiri berperan penting dalam segala hal.

Manusia juga mengandalkan organ hati untuk memproses berbagai macam energi. Berikut fungsi hati serta kebiasaan buruk yang memengaruhi kesehatan fungsi hati antara lain :

 

1.  Fungsi hati

Hati tentu memiliki beragam fungsi yang berbeda. Salah satu fungsinya yakni untuk menyaring darah. Hati menyaring dan membuang senyawa dari tubuh, termasuk hormon, seperti estrogen dan aldosteron, dan senyawa dari luar tubuh, termasuk alkohol dan obat-obatan lainnya.

Di dalam hati juga bisa berfungsi sebagai penyimpanan vitamins serta mineral. Hati mampu menyimpan berbagai jenis vitamin baik vitamin A, B, C, D hingga vitamin K.

Selain itu, hati juga bisa digunakan untuk menyimpan energi yang ditransformasikan dalam bentuk glikogen serta kemudian mengubahnya menjadi bentuk glukosa.

Manusia juga mengandalkan organ hati untuk memproses berbagai macam energi. Oleh karena itu setiap orang harus menjaga kesehatan hati.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News