Fakta Mengejutkan terkait Covid-19 yang Menyerang Anak-Anak

Fakta Mengejutkan terkait Covid-19 yang Menyerang Anak-Anak
Ilustrasi Covid-19. Grafis: Rahayuning Putri Utami/JPNN.com

jpnn.com - Kasus covid-19 pada anak di Indonesia tergolong serius. Fakta ini dipaparkan dr Erlina Burhan SpP (K), ahli Pulmonologi dan Kedokteran Pespirasi (Paru), dalam konferensi pers daring '5 Organisasi Profesi tentang Situasi Terkini Pandemi Covid-19 di Indonesia'.

Dia mengungkap tiga fakta terkait kasus covid-19 yang menyerang anak Indonesia.

1. Data nasional saat ini menunjukkan proporsi kasus konfirmasi covid-19 pada anak dengan rentang usia 0 hingga 18 tahun mencapai 12,5 persen. Artinya, 1 dari 8 kasus positif terkonfirmasi covid-19 adalah anak-anak.

2. Dari catatan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), memperlihatkan tingkat kematian atau case fatality rate (CFR) anak umur 0 sampai 18 tahun yang terkonfirmasi covid-19 mencapai 3 hingga 5 persen.

3. Menurut data Dinas Kesehatan DKI Jakarta, per 17 Juni 2021 tercatat dalam satu hari saja bertambah 661 anak terkonfirmasi positif dengan 144 di antaranya masih usia balita.

Selain tiga poin tersebut, saat ini tingkat kematian anak di Indonesia disebabkan Covid-19 menjadi yang tertinggi di dunia.

Berdasarkan keterangan Ketua IDAI dr Aman B Pulungan, data dari IDAI memperlihatkan tingkat kematian atau case fatality rate anak usia 0 hingga 18 tahun yang terkonfirmasi covid-19 mencapai 3 sampai 5 persen.

Sementara pola dari meningkatnya grafik kasus Covid-19 terkonfirmasi saat ini diketahui trennya positif aktif meningkat di kalangan kelompok usia anak di bawah 18 tahun. (ngopibareng/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Saat ini tingkat kematian anak di Indonesia disebabkan Covid-19 menjadi yang tertinggi di dunia


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News