Fan Timnas Indonesia Berat Terbang ke Singapura, Ini Penyebabnya

Fan Timnas Indonesia Berat Terbang ke Singapura, Ini Penyebabnya
Suporter Indonesia yang melakukan away ke Singapura. Foto: Aditia Gilang Rhamadhan

jpnn.com, SINGAPURA - Timnas Indonesia akan menghadapi Singapura pada leg pertama Semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Rabu (22/12) malam WIB.

Namun, suporter Indonesia yang berada di Malaysia tidak bisa memberikan dukungan langsung ke Singapura karena terbentur aturan perjalanan Covid-19 yang rumit.

Pentolan suporter Indonesia di Malaysia Aditia gilang Rhamadhani mengakui, keinginan memberikan dukungan langsung ke Singapura sebenarnya ada. Akan tetapi, syarat perjalanan keluar dan masuk Malaysia tidaklah mudah.

"Setahu saya enggak ada yang berani away karena biaya juga semakin meningkat. Mungkin ada satu-dua, tidak rombongan," ucapnya, saat dihubungi Rabu (22/12) pagi.

Serumit apa aturannya? Aditia merinci, surat jalan atau my travel pass (MTP) harus diurus lebih dahulu apabila ingin keluar atau masuk Malaysia.

Kemudian, urusan harus jelas, yakni tugas pekerjaan. Belum lagi biaya yang pasti membengkak kalau harus keluar masuk Negeri Jiran tersebut.

"Cost mahal, harus karantina, paling tidak tujuh hari. Belum biaya swab/PCR," bebernya.

Namun demikian, dia belum bisa memastikan apakah ada perseorangan yang nekat jalan demi menonton Timnas Indonesia vs Singapura.

Alasan banyak pekerja migran di Malaysia berat beri dukungan untuk Timnas Indonesia saat lawan Singapura, rumit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News