Feri Tenggelam di PNG, Lebih dari 100 Hilang

Feri Tenggelam di PNG, Lebih dari 100 Hilang
Feri Tenggelam di PNG, Lebih dari 100 Hilang
PORT MORESBY - Kecelakaan kapal laut terjadi di perairan Papua Nugini (PNG) kemarin (2/2). Lebih dari 200 orang berhasil dievakuasi dengan selamat setelah feri yang membawa sekitar 350 penumpang tenggelam kemarin pagi. Tetapi, lebih dari 100 orang lainnya masih hilang dan dikhawatirkan tewas tenggelam.

Feri MV Rabaul Queen tenggelam ketika berlayar dari Kimbe, zona penyelaman di PNG, menuju Lae atau kota terbesar kedua di timur negara Samudera Pasifik tersebut. Star Ships selaku operator melaporkan kehilangan kontak dengan Rabaul Queen sekitar pukul 06.00 waktu setempat (sekitar pukul 04.00 WIB). Star Ships pun menduga cuaca buruk sebagai penyebab tenggelamnya kapal angkutan itu.

Tetapi, dugaan tersebut berbeda dengan laporan Otoritas Keamanan Maritim Australia (AMSA).  Menurut AMSA, ketika musibah itu terjadi, cuaca relatif masih bersahabat. Misalnya, kecepatan angin rata-rata mencapai 40 knot (75 km perjam) dan tinggi gelombang laut mencapai 16 kaki atau sekitar 5 meter.

Kapal sepanjang 47 meter (155 kaki) tersebut dilaporkan tenggelam sekitar 9 mil laut dari perairan Finschhafen, kota yang berjarak sekitar 92,5 kilometer sebelah timur Lae di Semenanjung Huon. Lokasi tenggelamnya Rabaul Queen itu berada di kawasan pantai timur laut PNG.

PORT MORESBY - Kecelakaan kapal laut terjadi di perairan Papua Nugini (PNG) kemarin (2/2). Lebih dari 200 orang berhasil dievakuasi dengan selamat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News