Festival Kopi Togetherness, Meriahkan Rangkaian Kerja Sama Indonesia dan Qatar

Festival Kopi Togetherness, Meriahkan Rangkaian Kerja Sama Indonesia dan Qatar
Festival Kopi Togetherness. Foto: dok Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Ditjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menyelenggarakan pameran dan yang juga menjadi kick-off dari kerja sama bilateral Indonesia dan Qatar.

Sepanjang 2022 mendatang, Indonesia menjadi negara mitra penyelenggaraan Qatar Year of Culture.

Dalam perhelatan tersebut, Indonesia dan Qatar akan saling mempromosikan kekayaan budaya masing-masing negara.

Berbagai kekayaan budaya Indonesia akan dipamerkan di Qatar dan sebaliknya kekayaan budaya Qatar akan dipamerkan di berbagai event kebudayaan di Indonesia.

Kedua negara sepakat mengangkat kopi sebagai tema besar. Budaya kopi di Indonesia akan dipamerkan selama enam bulan di Museum Nasional Qatar, dengan

berbagai event penyerta sedangkan di Indonesia mulai dari 19 November sampai 18 Desember 2022, Area Sunken Museum Nasional Indonesia akan menjadi lokasi Pameran “Kopi Togetherness yang menghadirkan serangkaian program publik yang menawarkan pengetahuan, rekreasi dan selebrasi kopi nusantara bersama jejaring komunitas produsen, pegiat dan penggemar kopi dengan menggali berbagai hubungan antara masyarakat Indonesia dengan kopi.

“Kopi sebenarnya media diplomasi, media untuk mencairkan suasana, melalui pameran ini, para penikmat dan penggiat kopi dapat berinteraksi dengan disiplin ilmu lain seperti pemerhati lingkungan, kuliner dan gaya hidup serta berbagi pandangan untuk meningkatkan apresiasi terhadap Kopi Indonesia dari hulu hingga hilir, lebih dari itu,” jelas Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Hilmar Farid.

Hilmar menambahkan tanaman kopi di Indonesia juga memiliki fungsi sebagai penghasil oksigen dan berperan dalam menjaga lingkungan dengan proses pertanian yang berkelanjutan.

Sepanjang 2022 mendatang, Indonesia menjadi negara mitra penyelenggaraan Qatar Year of Culture dan salah satunya diadakan Festival Kopi Togetherness.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News