Festival Kota Tua Ampenan Lengkapi Wisata Lombok Sumbawa

Festival Kota Tua Ampenan Lengkapi Wisata Lombok Sumbawa
Kota Tua Ampenan. Foto: indopos

jpnn.com, LOMBOK - Anda yang sedang berada di Lombok, NTB, bisa langsung menikmati Bulan Pesona Lombok Sumbawa yang digelar mulai 18 Agustus - 16 September 2017. Beragam kolaborasi seni tradisional dan modern bisa dinikmati di sana. Salah satunya, Festival Budaya Kota Tua Ampenan.

"Festival ini digelar untuk mempromosikan kawasan wisata Kota Tua dan Pantai Ampenan dan juga sebagai sarana melestarikan kesenian dan kebudayaan Lombok yang mulai pudar," kata Lalu Mohammad Faozal, Kadispar NTB, Jumat (18/8).

Nah, bagi yang penasaran, ingin menyimak agenda spesial tadi, segera kosongkan jadwal pada 25-27 Agustus 2017. Selama dua hari, wisatawan akan diajak menikmati keseruan dengan beragam acara yang digelar di Kota Tua Ampenan.

Berbagai atraksi seni budaya, musik, pameran industri kreatif, festival kopi, atraksi menarik, aneka macam kuliner, Pameran Foto Kota Tua Tempo Doeloe, Parade Lintas Ethnic, diapastikan siap menyambut setiap tamu yang datang.

Begitu juga Senandung Pantai Ampenan, Sampan Racing, dan bazaar. Semua akan disuguhkan dalam balutan kota tua Ampenan yang merupakan salah satu icon wisata sejarah dan budaya di Lombok.

"Selain itu juga ada keseruan lain yaitu Peresean Exhibition dan Wayang Kulit sasak," tambah Faozal.

Bagi yang masih belum puas, ada juga gladiator ala Lombok yang bisa disaksikan. Namanya, Peresean. Sampai sekarang tradisi itu masih dilakukan oleh pemuda Lombok. Dan budaya Peresean ini sangat disakralkan oleh masyarakat suku Sasak di Pulau Lombok

"Ini seni bela diri tradisional suku antara dua orang yang disebut pepadu. Dua orang menggunakan sebuah rotan sebagai pemukul yang disebut penjalin yang ujungnya dilapisi balutan aspal dan pecahan beling yang ditumbuk sangat halus.

Anda yang sedang berada di Lombok, NTB, bisa langsung menikmati Bulan Pesona Lombok Sumbawa yang digelar mulai 18 Agustus - 16 September 2017. Beragam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News