JPNN.com

FFI Kirim Empat Peternak Sapi Indonesia untuk Studi Banding ke Belanda

Sabtu, 06 Juli 2019 – 10:06 WIB
 FFI Kirim Empat Peternak Sapi Indonesia untuk Studi Banding ke Belanda - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PT Frisian Flag Indonesia (FFI) melalui program Farmer2Farmer mengirim empat peternak Indonesia untuk belajar tentang Good Dairy Farming Practices (GDFP) ke Belanda. Kegiatan tersebut guna mendukung peningkatan kesejahteraan dan berkelanjutan industri susu nasional.

Public Relation Manager Frisian Flag Indonesia Fetti Fadliah mengatakan, pihaknya percaya bahwa jika peternak sapi perah Indonesia diberikan kesempatan untuk berkembang dan maka akan membuat perbedaan besar baik untuk kehidupannya dan usaha menuju swasembada susu nasional.

"Peternak yang kami bawa ke Belanda akan mendapat ilmu peternakan lebih baik hingga mengekspos mereka ke budaya dan pengalaman di luar negeri. Nantinya, mereka diharapkan mempunyai perspektif baru yang segar dan pendekatan baru hingga termotivasi untuk menghadapi berbagai tantangan dan meningkatkan kesejahteraan mereka,” katanya seperti keterangan tertulisnya, Sabtu (6/7).

BACA JUGA: Kiat Dinas Peternakan Percepat Populasi Sapi

Disadari atau tidak, swasembada susu nasional dengan kesejahteraan peternak saling terkait. Di sisi lain, kesejahteraan peternak sangat tergantung pada penerapan GDFP. Produksi susu dominan terdapat di Pulau Jawa dengan kontribusi susu dari Pulau Jawa 98,34 persen, sementara Luar Jawa 1,66 persen. Produksi susu 5 tahun terakhir menurun rata-rata 1,03 persen per tahun atau rata-rata sebesar 847,09 ribu ton.

“Selama mereka berada di Belanda, peternak diajarkan pengetahuan dan keterampilan serta penerapan aspek teknis beternak yang dimiliki oleh seorang peternak. Standar penilaian keberhasilan usaha peternakan sapi perah menurut FAO terdiri dari beberapa aspek teknis antara lain: aspek pembibitan dan reproduksi, pakan dan air minum, pengelolaan, kandang dan peralatan, kesehatan dan kesejahteraan ternak hingga manajemen keuangan,” imbuhnya.

BACA JUGA: Ketahui Waktu Terbaik Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan

Program berkelanjutan ini bernaung di bawah Dairy Development Program (DDP) oleh perusahaan induk, FrieslandCampina, yang merupakan salah satu usaha FrieslandCampina untuk mewujudkan tujuan Nourishing by Nature.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
jlo