Figur Seperti Jokowi Dibutuhkan di Pemilukada Bekasi

Figur Seperti Jokowi Dibutuhkan di Pemilukada Bekasi
Figur Seperti Jokowi Dibutuhkan di Pemilukada Bekasi
JAKARTA - Pakar komunikasi politik dari Universitas Indonesia, Efendi Gazali mengatakan fenomena kemenangan Joko Widodo (Jokowi) pada putaran pertama Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) DKI Jakarta akan menular di Pemilukada di beberapa ibu kota lain termasuk di Kota Bekasi. Pasalnya, demografi dan tipologi pemilih di DKI Jakarta tidak jauh berbeda dengan pemilih yang ada di Kota Bekasi.

“Publik saat ini lebih condong memilih figur yang sederhana dan merakyat serta memiliki modal ideologis yang memadai. Saya yakin PDIP adalah partai yang memiliki stok kader atau figur yang sederhana dan merakyat seperti Jokowi, termasuk untuk maju dalam pilkada Kota Bekasi nanti. Tapi PDIP harus berhitung dengan cermat dan jangan sampai over confidence dalam mengusung kadernya. Jangan sampai salah pilih,” kata Effendi Gazali kepada wartawan di Jakarta, Minggu (29/7).

Effendi menjelaskan, tampilnya Jokowi sebagai calon gubernur DKI Jakarta yang diusung PDI Perjuangan menyadarkan banyak pihak, betapa rakyat sejatinya merindukan figur yang sederhana dan punya komitmen yang kuat dan tegas untuk membela rakyat kecil. Bahkan kata dia, figur Jokowi meruntuhkan pertarungan wacana elit partai.

“Kekuatan pemilih Kota Bekasi ada di kalangan menengah dan rakyat kecil. Kemenangan Jokowi di putaran pertama DKI jakarta adalah kemenangan kecerdasan kelompok menengah dan rakyat kecil. Sebab itu, PDI Perjuangan harus menyiapkan calonnya untuk maju jadi Bekasi 1,” tandasnya.

JAKARTA - Pakar komunikasi politik dari Universitas Indonesia, Efendi Gazali mengatakan fenomena kemenangan Joko Widodo (Jokowi) pada putaran pertama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News