Film Dokumenter Pulang Rimba Roadshow ke Jakarta, Libatkan KOPHI dan Mutiara Azka

Film Dokumenter Pulang Rimba Roadshow ke Jakarta, Libatkan KOPHI dan Mutiara Azka
Film dokumenter Pulang Rimba. Foto: Dok. KPP

jpnn.com, JAKARTA - Film dokumenter Pulang Rimba melanjutkan rangkaian roadshow ke Jakarta.

Kali ini, film yang disutradarai oleh Rahmat Triguna itu menggandeng perwakilan generasi milenial dan Komunitas Pewarta Hiburan Indonesia (KOPHI).

"Harapan kami dengan roadshow ini kami bisa lebih luas lagi dalam membangun awareness tentang pentingnya pendidikan bagi setiap warga negara Indonesia, khususnya hak pendidikan kepada anak negeri yang berasal dari daerah atau suku terdalam," kata Mamato, sapaan akrab dari Rahmat Triguna, dalam diskusi yang digelar di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (11/4).

Film Pulang Rimba mengangkat kisah nyata dari seorang warga Suku Anak Dalam (SAD) atau Orang Rimba asal Jambi bernama Pauzan.

Cerita yang dikemas dengan cara bertutur itu menghadirkan bagaimana perjuangan Pauzan dalam menempuh pensisika hingga pendidikan tinggi di Polbangtan Bogor.

Sejak Indonesia merdeka, belum ada satu pun warga dari SAD atau Orang Rimba yang telah menamatkan pendidikan tinggi.

Saat ini, Pauzan bersama dua rekannya yang sedang berkuliah di Universitas Jambi menjadi harapan baru untuk menjadi warga SAD atau Orang Rimba yang siap menyongsong tantangan perubahan zaman melalui pendidikan.

“Sebagai generasi muda, saya sadar diri. Saya yang berasal dari Suku Anak Dalam dengan daerah yang mungkin masih minim akan pendidikan sehingga saya harus bisa memanfaatkan pendidikan ini sebagai investasi saya untuk memajukan Suku Anak Dalam," beber Pauzan.

Film dokumenter Pulang Rimba terus melanjutkan rangkaian roadshow ke Jakarta pada Selasa (11/4).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News