Film Keluarga Gay Picu Kontroversi di Australia

Film Keluarga Gay Picu Kontroversi di Australia
Film Keluarga Gay Picu Kontroversi di Australia

Pemerintah negara bagian New South Wales (NSW) Australia melarang pemutaran sebuah film dokumenter mengenai kehidupan keluarga gay di sekolah-sekolah. Larangan itu dituding sebagai bentuk kurang toleransi terhadap pasangan sesama jenis.

Film berjudul Gayby Baby bercerita tentang empat orang anak melewati kehidupan mereka bersama orangtua yang merupakan pasangan sesama jenis.

Tadinya, film ini dijadwalkan akan dipertontonkan di sekolah-sekolah di seluruh Australia pada hari Jumat (28/8/2015), menandai peringatan hari Wear it Purple Day. Di NSW sendiri, ada 20 sekolah yang turut berpartisipasi.

Rencana tersebut memicu protes dari kelompok konservatif dan sejumlah media. Salah satu artikel dalam suratkabar Daily Telegraph di Sydney menyulut kontroversi dan mendorong pemerintah setempat mengeluarkan larangan.

Menteri Utama NSW Mike Baird menyatakan, isu yang diusung film tersebut tidak seharusnya ditayangkan di sekolah.

"Saya mengerti tujuannya adalah untuk memberi contoh mengenai toleransi dan saya mendukung hal itu," katanya.

"Tapi apakah harus disajikan saat pelajaran di kelas? Saya tidak setuju," tambah Baird.

Menteri Pendidikan NSW secara resmi telah menginstruksikan sekolah-sekolah untuk tidak menayangkan film tersebut selama jam pelajaran.

Pemerintah negara bagian New South Wales (NSW) Australia melarang pemutaran sebuah film dokumenter mengenai kehidupan keluarga gay di sekolah-sekolah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News