Forum 2045 Minta Kedaulatan Pangan Dibangun Secara Sistemik

Forum 2045 Minta Kedaulatan Pangan Dibangun Secara Sistemik
Forum 2045 meminta pemerintah yang akan terpilih pada Pemilu 2024 menata pembangunan kedaulatan pangan secara sistemik. Foto: Dok Forum 2045

jpnn.com, JAKARTA - Kumpulan guru besar dan akademisi se-Indonesia Forum 2045 meminta pemerintah yang akan terpilih pada Pemilu 2024 menata pembangunan kedaulatan pangan dengan menyentuh semua aspek secara seimbang.

Ketua Forum 2045 Dr. Untoro Hariadi mengatakan strategi pembangunan kedaulatan pangan sistemik sangat penting untuk mencapai swasembada pangan yang berkelanjutan.

Di sisi lain, bisa menghindarkan Indonesia dari risiko krisis pangan yang kini menghantui dunia.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dr. Untoro sebagai catatan atas hasil Seminar Nasional bertajuk ”Dialog Kedaulatan Pangan Dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045” yang diselenggarakan di Universitas Brawijaya (UB), Malang, beberapa waktu lalu.

"Indonesia perlu menyinergikan pembangunan sumber daya manusia, tata ruang, dan infrastruktur pangan. Dalam perencanaan dan pelaksanaannya tentu perlu melibatkan semua pemangku kepentingan, termasuk para cendekiawan," ungkap Dr. Untoro dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (14/4).

Untoro menjelaskan strategi pembangunan kedaulatan pangan sistemik juga tepat untuk menyempurnakan keterbatasan proyek food estate, yang akhir-akhir ini menuai kritik dari berbagai kalangan.

Forum 2045 pun berencana untuk menyampaikan rumusan gagasan tersebut kepada berbagai pemangku kepentingan terkait.

Sebab, cendekiawan sebagai bagian dari publik, merupakan mitra sejajar pemerintah dalam pembangunan sektor pangan.

Forum 2045 meminta pemerintah yang akan terpilih pada Pemilu 2024 menata pembangunan kedaulatan pangan secara sistemik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News