Forum Cipayung Kota Medan Sepakat Tolak Praktik Politik Dinasti & Nepotisme

Forum Cipayung Kota Medan Sepakat Tolak Praktik Politik Dinasti & Nepotisme
Forum Cipayung Kota Medan menolak politik dinasti dan nepotisme di pemerintahan Jokowi. Dok: source for JPNN.

jpnn.com, MEDAN - Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Forum Cipayung Kota Medan, Sumatera Utara menyampaikan pernyataan sikap soal adanya politik dinasti yang terjadi di rezim pemerintahan sekarang.

Forum yang digagas Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dan Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Kota Medan itu secara tegas menolak dan mengecam politik dinasti yang dilakukan Presiden Jokowi.

Hal itu disampaikan Ketua Umum HMI Cabang Kota Medan Ridho Fahrezy seusai diskusi publik bertema 'Lawan Politik Dinasti Selamatkan Demokrasi' yang digelar Forum Cipayung Kota Medan.

Ridho menilai Presiden Jokowi secara nyata mempertontonkan politik dinasti dengan menyetujui putranya, Gibran Rakabuming Raka menjadi cawapres dari Prabowo Subianto.

"Isu yang kami angkat hari ini adalah terkait politik dinasti. Kami bersepakat tadi dari hasil diskusi, kami ingin lawan politik dinasti dan selamatkan demokrasi. Hari ini sudah sampai tingkat nasional yang sangat vulgar dan sangat prihatin kami melihatnya," ujar Ridho dalam siaran persnya, Rabu (22/11).

Forum Cipayung Kota Medan menyayangkan sikap Presiden Jokowi yang menggunakan jabatannya sebagai pucuk pemerintahan tertinggi negara untuk meloloskan anaknya menjadi cawapres.

Ridho menyebut Presiden Jokowi secara terang-terangan telah memanfaatkan lembaga tinggi negara Mahkamah Konstitusi (MK) yang dipimpin mantan Ketua MK Anwar Usman atau iparnya sendiri untuk mengintervensi aturan terkait batas minimal usia cawapres.

Dia menjelaskan bahwa seluruh rakyat, khususnya generasi milenial sangat dibolehkan berpartisipasi dalam Pemilu sebagai proses pendewasaan berdemokrasi.

Forum Cipayung Kota Medan dengan tegas menolak praktik politik dinasti yang disebut terjadi di pemerintahan Presiden Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News